STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MUSLIM DI SMP IT AL-ASROR WONOREJO TULUNGAGUNG

ABDUL HOFUR, 17201163061 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MUSLIM DI SMP IT AL-ASROR WONOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Muslim Di Smp IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung”, ini ditulis oleh Abdul Hofur, NIM. 17201163061 dibimbing Prof.Dr. Hj. Elfi Mua’wanah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Stratei Guru, Religiusitas Siswa Muslim Latar belakang masalah: Dengan adanya berbagai kondisi pendidikan agama islam yang selama ini berjalan dilapangan yang perlu segera dicarikan solusi pemecahannya, baik oleh guru pendidikan agama islam itu sendiri. Maka dengan adanya strategi yang tepat seorang guru dapat mengendalikan siswa dsalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas maupun diluar kelas. SMP IT Al Asror Wonorejo Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang berupaya menanamkan religiusitas kepada siswanya. Selain meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dikelas, salah satu strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswanya yaitu dengan menciptakan budaya religius dilingkungan sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung? (2) Bagaimana kendala-kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung? (3) Bagaimana upaypa mengatasi kendala-kendala strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP IT Al-Asror Wonorejo Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan tentang strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di smp it al-asror wonorejo tulungagung melalui ketiga fokus tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian desripstif. Lokasi penelitian: SMP IT Al-Asror Tulungagung. Sumber data: sumber kata-kata dan tindakan, sumber tertulis, dokumentasi. Metode pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data hasil penelitian lapangan: ringkasan data. Pengecekan keabsahan data: (1) Credibility (derajat kepercayaan) melalui: a. Perpanjangan keikutsertaan, b. Ketekunan atau keajekan pengamatan, c. Triangulasi (2) Transferability (keabsahan eksternal): hasil penelitian ini dianggap dapat diaplikasikan di lokasi penelitian yang lain, (3) Dependability (ketergantungan): oleh dosen pembimbing selaku editor, (4) Confirmability (objektifitas): dapat dipercaya Setelah penulis mengadakan penelitian memperoleh hasil bahwa: (1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP IT Al-Asror Tulungagung meliputi: (a) Melalui Peningkatan Kualitas Pembelajaran di dalam Kelas (b) Pengembangan pembelajaran PAI melalui kegiatan keagamaan. (2) Kendala-kendala guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP IT Al-Asror Tulungagungmeliputi (a) Minimnya fasilitas sarana dan prasarana (b) Terbatasnya waktu pembelajaran (c) Pengaruh lingkungan bermain siswa (e) Pengaruh negatif perkembangan kemajuan teknologi dan informasi. Sedangkan (3) Solusi strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP IT Al-Asror Tulungagung meliputi (a) Memanfaatkan fasilitas yang ada (b) Memaksimalkan bimbingan rohani (c) Pelaksanaan program monitoring (e) Membangun kerja sama dengan wali kelas dan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163061 ABDUL HOFUR
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:41
Last Modified: 30 Sep 2021 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22554

Actions (login required)

View Item View Item