ANI HIDAYATUL MUNAWAROH, 12208173033 (2021) PENGEMBANGAN E-BOOKLET SAINS DALAM AL-QUR’AN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Booklet Sains dalam Al-Qur’an Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA” ditulis oleh Ani Hidayatul Munawaroh, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, NIM 12208173033, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: E-Booklet sains dalam Al-Qur’an, bahan ajar, keanekaragaman hayati Keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi mata pelajaran biologi kelas X SMA/MA. Materi keanekaragaman hayati yang termuat di LKS masih bersifat umum dan belum mencantumkan contoh-contoh yang lebih nyata dengan kehidupan sehari-hari siswa. Selain itu bahan ajar dengan materi keanekaragaman hayati yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an di dalamnya belum banyak dikembangkan. Oleh karena itu, pengembangan e-booklet sains dalam Al-Qur’an materi keanekaragaman hayati ini penting untuk dilakukan agar siswa memperoleh pemahaman yang utuh dan meningkatkan nilai religius siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-booklet sains dalam Al-Qur’an materi keanekaragaman hayati, serta untuk mengetahui bagaimana respon guru dan siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development dan Dissemination. Penelitian ini hanya sampai pada tahap development atau tahap pengembangan karena pertimbangan waktu dan kondisi. Tahap awal pada penelitian ini adalah melakukan analisis KI dan KD materi keanekaragaman hayati. Setelah dilakukan analisis, tahap selanjutnya adalah mengembangkan produk bahan ajar e-booklet sains dalam Al-Qur’an. Kemudian produk ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli agama serta dilakukan uji skala kecil. Hasil pengembangan bahan ajar berupa e-booklet sains dalam Al-Qur’an dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar kelas X SMA/MA materi keanekaragaman hayati. Kelayakan tersebut ditinjau dari hasil penilaian beberapa ahli dan responden. Hal ini dibuktikan dengan hasil rerata dua ahli materi dan media sebesar 85,14% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, ahli agama sebesar 87,5 termasuk dalam kriteria sangat valid, dan responden sebesar 77,6% termasuk dalam kriteria valid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Biologi > Lingkungan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173033 Ani Hidayatul Munawaroh |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 01:46 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22563 |
Actions (login required)
View Item |