PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ BAITURRAHMAN DESA SAMBIROBYONG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ASTUTIK, WIJI (2015) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ BAITURRAHMAN DESA SAMBIROBYONG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
A. COVER.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB V & DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran Di TPQ Baiturrahman Desa Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Wiji Astutik, NIM. 3211113030, pembimbing : H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci: Membaca Al-Quran, Metode Tilawati. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan penerapan membaca Al- Quran yang masih cenderung mengunakan nada lurus dalam pembelajarannya sehingga terkesan mononton yang berdampak kurang diminati oleh santri. Oleh karena itu beragam pula cara yang dipakai untuk membaca Al-Quran. Salah satu metode yang berkembang saat ini adalah metode tilawati. Metode Tilawati dipandang sebagai salah satu metode alternatif yang dapat membantu santri dalam belajar membaca Al-Quran. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada 1) Bagaimana proses pembelajaran membaca Al-Quran di TPQ Baiturrahman Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Quran dengan pendekatan klasikal di TPQ Baiturrahman Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Quran dengan pendekatan individual dengan teknik baca simak di TPQ Baiturrahman Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baiturrahman Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. Untuk mengatahui penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Quran dengan dengan pendekatan klasikal di TPQ Baiturrahman Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. Untuk mengetahui penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Quran dengan pendekatan individual dengan teknik baca simak di TPQ Baiturrahman Sambirobyong Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan vertifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, ketentuan pengamatan, dan Pembahasan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, Proses pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baiturrahman yaitu doa pembukaan, membaca peraga tilawati, buku jilid, dan kemudian doa penutup dengan menggunakan lagu rost. Adapun komponen-komponen yang ada dalam proses pembelajaran meliputi tujuan, materi pelajaran, metode atau strategi pembelajaran, media dan evaluasi. xviii Kedua, Penggunaan metode tilawati dalam Pendekatan klasikal digunakan ketika membaca peraga tilawati dalam pelaksanaannya menggunakan teknik klasikal 1, 2 dan 3. Ketiga, Penggunaan metode tilawati dalam Pendekatan Individual dengan baca simak diterapkan ketika membaca jilid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WIJI ASTUTIK
Date Deposited: 15 Sep 2015 07:26
Last Modified: 15 Sep 2015 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item