IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN HAMBATAN YANG DI ALAMI OLEH GURU MATEMATIKA DI SMKN TULUNGAGUNG TAHUN 2014 (Multi Kasus di SMKN 1 Boyolangu dan SMKN 2 Boyolangu)

ZEN, FUTIQA (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN HAMBATAN YANG DI ALAMI OLEH GURU MATEMATIKA DI SMKN TULUNGAGUNG TAHUN 2014 (Multi Kasus di SMKN 1 Boyolangu dan SMKN 2 Boyolangu). [ Skripsi ]

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum 2013 dan Hambatan yang dialami oleh Guru Matematika di SMKN Tulungagung Tahun 2014” ini ditulis oleh Futiqa Zen, NIM 3214113075, pembimbing Drs. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 yang baru beberapa semester ini diterapkan, didalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 memiliki karakteristik yang jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Hal yang baru diterapkan ini tentu memiliki beberapa hambatan, dan upaya untuk mengatasi hambatan itu sangatlah penting untuk dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana impelentasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Matematika di SMKN Tulungagung? (2) Apa faktor penghambat implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Matematika di SMKN Tulungagung? (3) Apa saja upaya untuk mengatasi hambatan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Matematika di SMKN Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di SMKN Tulungagung (2) Untuk mengetahui faktor penghambat implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Matematika di SMKN Tulungagung (3) Untuk mengetahui upaya apa saja dalam mengatasi hambatan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Matematika di SMKN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Cara pengambilan datanya ialah wawacara kepada informan, mengamati lokasi dan kegiatan serta menganalisis beberapa dokumentasi/ arsip yang ada. Yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah 3 guru, 2 siswa dan 1 waka kurikulum, yang diamati didalam lokasi penelitian ialah terkait dengan sarana prasana yang menunjang dalam proses pembelajaran dengan implementasi kurikulum 2013 begitu pula dengan kegiatan pembelajaran yang di terapkan apakah sudah menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran dengan pendekatan ilmiah/ saintifik. Dalam mengamati kegiatan pembelajaran tentu didukung dengan arsip/ dokumentasi yang berupa rencana pembelajaran yang sudah dibuat guru sebelum memasuki kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 di SMKN Tulungagung menggunakan pendekatan ilmiah/ saintifik sesuai dengan karakteristik dari kurikulum 2013, akan tetapi memang belum bisa diterapkan secara penuh. Seperti halnya penerapakan kurikulum 2013 pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika masih dirombak dengan metode pada kurikulum sebelumnya. Hal ini tentunya dikarenakan adanya hambtan dalam implementasi kurikulum 2013 tersebut, beberapa hambatannya ialah (a) siswa yang masih sulit dirubah kebiasaannya dari model dan metode pembelajaran pada kurikulum sebelumnya (b) buku siswa yang dari pemerintah dirasa sulit dipahami (c) penggunaan media pembelajaran yang masih sangat minim karena memang tidak semua siswa memilki media itu seperti laptop, dll. Upaya guru dalam mengatasi beberapa hambatan tersebut ialah (a) guru terus memberikan motivasi dan rangsangan kepada siswa agar siswa terbiasa menggunakan metode pada kurikulum 2013 (b) guru membuatkan rangkuman materi atau buku panduan lain yang mudah dipahami (c) sarana dan prasana sekolah yang diperbaiki sehingga dapat membantu siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Futiqa zen al iebad
Date Deposited: 16 Sep 2015 07:54
Last Modified: 16 Sep 2015 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item