STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG

AINUR ROHIMAH, 12201173455 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ainur Rohimah, NIM. 12201173455, pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru PAI, Karakter Religius Siswa Penelitian dilatar belakangi oleh peristiwa maraknya karakter religius siswa yang ada di sekitar kita yang mengurangi kualitas sebagai sorang yang sedang menuntut ilmu, sebagai seorang muslim seharusnya menjalankan kewajiban dalam menjalankan ibadah seperti sholat lima waktu sekarang jarang dilakukan oleh siswa-siswi secara penuh, banyak sholat yang ditinggalkan. Perilaku demikian juga didukung dengan kemajuan pengaruh IPTEK yang semakin berkembang. Peristiwa hal inilah yang harus dilakukan setiap pendidik dalam membentuk karakter religius siswa agar menjadi siswa yang berkualitas dan berakhlakul karimah. Berbagai upaya dapat dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan karakter religius terpuji, seperti diadakannya kegiatan spiritualitas di madrasah didukung dengan keikut sertaan masyarakat dan orang tua. Dalam penelitian yang menjadi fokus pembahasan adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru pai dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru pai dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru pai dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi guru pai dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa (1) perencanaan strategi guru pai dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Sunan kalijogo dilakukan bersama dengan bermusyawarah dengan berbagai pihak pada setiap bulan Juli dan dilaksanakan pada tahun ajaran baru sebagai evaluasi program sebelumnya, rencana dalam mengembangkan karakter siswa diadakan berbagai kegiatan spiritual setiap hari Jum‟at. (2) Pelaksanaan strategi guru pai dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung dengan adanya berbagai program kegiatan spiritual seperti, shalat dhuhur, shalat dhuha, membaca Al Qur‟an, tahlil, istighasah, pelajaran pondok pesantren, kebiasaan bersalaman, peringatan hari besar Islam,ektrakulikuler, dan lain sebagainya. Upaya dalam mendekatkan diri kepada Allah dan hubungan dengan manusia. (3). Evaluasi strategi guru pai dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung dilakukan secara terus menerus oleh guru selama siswa di madrasah, setiap hari Jum‟at evaluasi secara langsung dari pengurus yayasan madarasah, kemudian ketika berada di rumah siswa di awasi oleh orang tua. Dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung perkembangan siswa dapat memberikan motivasi dalam meningkatkan karakter religius siswa yang terpuji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173455 Ainur rohimah
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:04
Last Modified: 29 Oct 2021 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22623

Actions (login required)

View Item View Item