KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ASSYAFIIYAH GONDANG TULUNGAGUNG

ANANG ANSORI, 17207163082 (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ASSYAFIIYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Anang ansori, NIM. 17207163082, Program sarjana (S1), Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Masduki, M.Ag Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana kepemimpinan kepala Madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung; 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung; 3) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung. Tujuan Penelitian: untuk mendeskripsikan, 1) kepemimpinan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung; 2) kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung; 3) kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus situs tunggal, lokasinya di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan skunder, tehnik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data interaktif, analisis data alur model Huberman dan analisis data situs tunggal, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan diskusi sejawat, triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian: 1) kepemimpinan kepala Madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung dilakukan dalam bentuk penerapan empat fungsi manajemen, yaitu; a) Fungsi perencanaan; rencana peningkatan kinerja guru disusun berdasarkan visi misi sekolah dengan tujuan peningkatan kinerja guru dalam hal kedisiplinan, iklim kerja yang baik, kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, dan berkontribusi positif terhadap prestasi siswa dan lembaga dengan bentuk pelatihan-pelatihan, penataran, pembinaan, dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi; b) Fungsi organisasi; dilakukan dalam bentuk koordinasi langsung kepala sekolah dengan guru yang bersangkutan, kepala sekolah melalui waka kurikulum, dan melalui forum musyawarah untuk penyamaan persepsi dan mutu serta penentuan bentuk diklat atau workshop yang akan diselenggarakan atau diikuti; c) Fungsi pelaksanaan; dilakukan sebagai pelaksanaan dari rencana peningkatan kinerja guru diwujudkan dalam bentuk penegakan kedisiplinan sebagai dasar profesionalisme, penyertaan guru dalam kegiatan diklat, workshop, pengaktifan Guru profesional merupakan komponen terpenting dalam pendidikan. Suatu kualitas pendidikan, guru dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan, sehingga kualitas dan profesionalisme guru itu harus benar-benar diperhatikan. Profesionalisme guru akan dapat ditingkatkan apabila kepala sekolah mampu menjalankan perannya dengan baik, antara lain peran sebagai manajer, supervisor dan motivator.guru dalam KKG dan MGMP, serta menyelenggarakan program-program training di sekolah; d) Fungsi evaluasi; dilakukan dalam bentuk; musyawarah, supervise kelompok maupun individual, kunjungan kelas, dan evaluasi individual. 2) Kepemipinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam meningkatkan Kinerja Guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung, dilakukan dalam bentuk; a) Kepala madrasah melakukan kunjungan kelas (classroom visition); b) Kepala madrasah mengadakan pertemuan atau rapat dengan guru dan komite pada setiap minggu sekali; c) Kepala madrasah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar; d) 3) kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung, dilakukan dalam bentuk; a) implementasi kepemimpinan (keteladanan) kepala sekolah yang mendukung peningkatan profesionalisme; b) rutinitas pemberian motivasi pada guru dan karyawan dalam setiap pertemuan; c) Senantiasa mengingatkan dan membantu guru terkait sertifikasi guru yang berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan guru; d) memberikan kesempatan seluas- luasnya pada guru untuk mengikuti diklat, penataran atau workshop; e) menjanjikan komitmen sebagai kepala sekolah terhadap peningkatan mutu dan profesionalisme sekaligus menuntut adanya komitmen yang sama dari para guru dan karyawan; f) memberikan penghargaan dan kesejahteraan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163082 ANANG ANSORI
Date Deposited: 05 Oct 2021 00:57
Last Modified: 05 Oct 2021 00:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22624

Actions (login required)

View Item View Item