VIRDA NUR ‘AINI, 12201173261 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA`LIM MUTA`ALIM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim dalam Membentuk Karakter Santri Pondok Pesantren Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh VIRDA NUR ‘AINI, NIM. 12201173261, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UINSATU) yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi pembelajaran, karakter santri Pengetahuan dan pemahaman siswa tentang karakter yang baik atau akhlak yang dapat mempengaruhi kesadaran santri dalam berbuat dan bertingkah laku. Pengajaran kitab Ta’lim Muta’alim yang merupakan literature klasik membahas tentang akhak demi tercapainya kemanfaatan ilmu, metode belajar, esensi dari kitab ini juga mencakup tujuan, prinsip-prinsip dan strategi belajar yang didasarkan pada moral religious. Melihat situasi peserta didik khususnya kalangan santri belakangan ini, sangatlah menarik untuk meneliti akhlak atau karakter dalam kitab Ta’lim al mutaallim.. Fokus penelitian ini membahas tentang perencanaan implementasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Darul Falah Sumbergempol Tulungagung, pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Darul Falah Sumbergempol Tulungagung, hasil evaluasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan kualitatif jenis studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi 1) person (orang) yaitu, ketua yayasan, ketua pondok, ustadz-ustadzah dan santri Pondok Pesantren Darul Falah. 2) paper (kertas/dokumen) yaitu berupa dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran dan kegiatan santri setiap hari 3) place (tempat) yaitu di Pondok Pesantren Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pendekatan penelitian dan metode berfikir. Pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi, pembahasan sejawat, perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:1) perencanaan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dirangcang setiap awal tahun pelajaran dan dilakukan setiap semester. Perencanan metode pembelajaran diserahkan sepenuhnya kepada ustadz-ustadzah. 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dilakukan oleh ustadz-ustadzah dan pengasuh juga. Pelaksanaan yang dilakukan oleh ustadzustadzah yaitu menghubungkan tujuan pemahaman materi pembelajaran dengan perilaku dalam kehidupan sehari-hari para santri sehingga mudah memahaminya. 3) evaluasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim menggunakan evaluasi teknik tes dan non tes, dimana evaluasi dilakukan sepenuhnya oleh ustadz-ustadzah kitab Ta’lim Muta’alim.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173261 VIRDA NUR ‘AINI |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:05 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22728 |
Actions (login required)
View Item |