AFRISKA DININGTIAS IFTITA, 12210173021 (2021) PENGGUNAAN GAYA BAHASA PUISI KARYA SISWA KELAS X IPS 2 SMAN 1 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (377kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (43kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Gaya Bahasa Puisi Karya Siswa Kelas X IPS 2 SMAN 1 Rejotangan Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Afriska Diningtias Iftita, NIM.12210173021, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci : gaya bahasa, puisi, karya siswa. Puisi merupakan sebuah karya sastra yang memiliki karakteristik berbeda dengan karya sastra lainnya. Perbedaan itu dapat dilihat dari penggunaan gaya bahasa pada puisi siswa. Namun, dalam puisi karya siswa masih banyak ditemukan penggunaan bahasa sehari-hari dibandingkan dengan bahasa yang memiliki makna kiasan. Hal ini berarti puisi yang ditulis oleh siswa belum bisa dikategorikan puisi yang baik karena masih ada sebagian siswa yang belum memanfaatkan unsur pembangun puisi itu dengan baik, yaitu pada penggunaan gaya bahasa. Terkait dengan hal tersebut, peneliti menganalisis penggunaan gaya bahasa puisi karya siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Rejotangan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa perbandingan pada puisi karya siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Rejotangan; (2) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pertentangan pada puisi karya siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Rejotangan; (3) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa pertautan pada puisi karya siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Rejotangan; (4) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa perulangan pada puisi karya siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi berupa karya puisi siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis data yang dipaparkan oleh Miles and Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan untuk membuktikan bahwa data yang diperoleh dapat dipercaya kebenaarannya. Peneliti menggunakan dua cara untuk mengecek keabsahan data yaitu triangulasi teori dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa asonansi paling mendominasi dalam kumpulan puisi karya siswa, yaitu dari 31 judul puisi ditemukan 36 kali penggunaan gaya bahasa asonansi. Gaya bahasa hiperbola digunakan sebanyak 24 kali, gaya bahasa anafora digunakan sebanyak 17 kali, gaya bahasa erotesis digunakan sebanyak 16 kali, dan gaya bahasa personifikasi dugunakan sebanyak 14 kali. Adapaun gaya bahasa yang jarang digunakan oleh siswa yaitu perumpamaan, metafora, deporsonifikasi, epitet, pleonasme, mesodiplodid, anadiplosis, eufimisme, litotes, oksimoron, satir, paradoks, klimaks, antiklimaks, anastrof, alusi, kiasmus, dan epistrofa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Bahasa Dan Sastra > Puisi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173021 AFRISKA DININGTIAS IFTITA |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 05:27 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22740 |
Actions (login required)
View Item |