RATNA SARI, 12208173084 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH MATERI PEMBELAHAN SEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA DI SMAN 1 PURWOASRI KELAS 12 TAHUN AJAR 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Materi Pembelahan Sel untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa di SMAN 1 Purwoasri Kelas 12 tahun ajar 2020/2021” ditulis oleh Ratna Sari, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, NIM. 12208173084, dosen pembimbing Nanang Purwanto, M. Pd. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe flash, Pembelahan Sel, Motivasi, Pemahaman. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash ini di latarbelakangi oleh rendahnya pemahaman dan motivasi belajar siswa dalam menerima materi pembelahan sel pada kelas 12 dalam pelajaran biologi. Hal ini dikarenakan peserta didik sukar untuk mempelajari materi yang kompleks seperti pembelahan sel. Dari hasil analisis angket kebutuhan media pembelajaran siswa menunjukkan sebesar 61,9% siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelahan sel jika tidak diberi media pembelajaran pendukung. Sebesar 93,2% menyatakan bahwa media pembelajaran guru yang digunakan saat pembelajaran kurang menarik serta menurunkan motivasi untuk belajar siswa. Berdasarkan fungsinya media pembelajaran berfungsi sebagai media yang digunakan untuk menunjang sistem pembelajaran. Media pembelajaran memegang peran yang cukup penting untk meningkatkan tingkat pemahaman siswa serta motivasi belajar siswa. Selama ini media pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu pelajaran kurang memenuhi efektifitas dari media pembelajaran yang diharapkan oleh siswa. Maka dari itu peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berbasis adobe flash yang dirasa akan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelahan sel dan juga motivasi untuk belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan media pembelajaran berbasis adobe flash yang sesuai untuk siswa kelas 12 di SMAN 1 Purwoasri, (2) mendeskripsikan pengembangan dari media pembelajaran berbasis adobe flash yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran berbasis adobe flash yang dikembangkan dalam materi pembelahan sel dapat diterapkan secara efektif untuk meningkatkan tingkat pemahaman dari peserta didik. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Research and Development (RnD), Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Model penelitian dan pengembangan model ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Dalam penelitian pengembangan ini proses ujicoba produk yang dilakukan menggunakan format penelitian tindakan kelas (PTK) satu siklus yang mengacu pada model PTK Kemmis&Taggart, satu siklus diartikan mulai dari proses Perencanaan, Pemberian Tindakan, Observasi dan Refleksi. Setelah dilakukan ujicoba penerapan, media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan motivasi dan pemhaman siswa ini dapat ditarik kesimpulan diantaranya (1) pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash dirasa sangat sesuai dan layak dilihat dari tingkat validitas yang cukup tinggi dari beberapa ahli diantaranya ahli materi sebesar 89%, ahli media sebesar 92% dan guru pengampu mata pelajaran biologi di SMAN 1 Purwoasri sebesar 97,5%, (2) media pembelajaran berbasis adobe flash materi pembelahan sel untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa di SMAN 1 Purwoasri kelas 12 tahun ajar 2020/2021 dinyatakan layak untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran pendukung karena kelayakan kualitas media yang cukup tinggi, (3) tingkat efektivitas media pembelajaran berbasis adobe flash berdasarkan hasil ujicoba dengan pemberian soal tes dan angket tanggapan siswa pada penelitian tindakan kelas menghasilkan nilai tanggapan motivasi sebesar 89% dan rata-rata nilai tes ujicoba pemahaman siswa sebesar 87. Nilai ini sudah termasuk tinggi serta diatas nilai KKM yang berlaku (nilai KKM yang berlaku sebesar 75) dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa pada materi pembelahan sel.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173084 RATNA SARI |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 04:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22755 |
Actions (login required)
View Item |