UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MI NURUL ULUM KENDALREJO DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021

FENTI MASLIKATUN NIKMAH, 12205173272 (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MI NURUL ULUM KENDALREJO DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek”.Ditulis oleh Fenti Maslikatun Nikmah, NIM. 12205173272, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd.NIP. 197605182007012021. Kata kunci : Upaya guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar, pasti terjadi dalam setiap mata pelajaran termasuk pada mata pelajaran Matematika baik itu yang sifatnya ringan maupun berat. Pelajaran ini merupakan pelajaran sangat penting karena dalam belajar Matematika kita dapat mengetahui angka, rumus, bangun ruang, dan bahkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap guru senantiasa mengharapkan peserta didik supaya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal baik dari ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Namun pada kenyataannya dalam kegiatan belajar peserta didik tidaklah selalu lancar seperti apa yang diharapkan guru, terkadang mereka mengalami berbagai faktor penyebab rendahnya hasil belajar. Untuk itu dalam setiap kegiatan proses belajar mengajar, para guru bidang Matematika selalu mengupayakan berbagai cara agar hasil belajar yang diperoleh peserta didik menjadi maksimal, dengan tujuan memberikan yang terbaik bagi peserta didik danuntuk meningkatkan hasil belajar peserta didiknya. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar Matematika di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana sebab-sebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkakan hasil belajar Matematika peserta didik di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek (2) Untuk mendiskripsikan sebab-sebab rendahnya hasil belajar peserta didik mata pelajaran Matematika di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek (3) Untuk mendiskripsikan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Matematika di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.Dan dalam menganalisis datanya menggunakan teori Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Sedangkan untuk mengecek keabsahan data tersebut melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini bahwa:(1)Hasil belajar Matematika yang diperoleh peserta didik di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek yaitu masih kurang maksimal (masih kurang). (2)Penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik di MI Nurul Ulum Kendalrejo Durenan Trenggalek adalah dua yaitu dari dalam diri peserta didik (intern) dan dari luar peserta didik (eksternal).Faktor internal antara lain: kurangnya minat belajar, kurang fahamnya peserta didik terhadap materi, malas, kurangnya konsentrasi dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal antara lain: guru, orangtua, lingkungan dan teman sejawat.(3)Upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik adalah dengan kesiapan guru dalam menyampaikan materi, memilih model dan metode pembelajaran yang sesuai, membuat media pembelajaran semenarik mungkin, pemberian reward dan punishment kepada peserta didik, pemberian motivasi dan progam remedial .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173272 FENTI MASLIKATUN NIKMAH
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:37
Last Modified: 13 Oct 2021 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22769

Actions (login required)

View Item View Item