PENGARUH METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (MEMBERI PERTANYAAN DAN MENDAPAT JAWABAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NIKMAH, FUADIATUN (2011) PENGARUH METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (MEMBERI PERTANYAAN DAN MENDAPAT JAWABAN) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
cover.docx

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Giving question and getting answer (memberi pertanyaan dan mendapat jawaban), Prestasi belajar matematika. Peningkatan Prestasi belajar dapat dilakukan dengan meningkatan kualitas proses pembelajaran. Salah satu jenis metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar adalah giving question and getting answer (memberi pertanyaan dan mendapat jawaban). Pada dasarnya metode ini dikembangkan untuk melatih peserta didik memiliki kemampuan dan ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Strategi giving questions and getting answers sangat baik digunakan untuk melibatkan siswa dalam mengulang materi pelajaran yang telah disampaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode giving question and getting answer (memberi pertanyaan dan mendapat jawaban) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 72 orang siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t dua sampel yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa prestasi belajar matematika dengan menggunakan metode giving question and getting answer memiliki rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode giving question and getting answer. Rata-rata hasil post-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 84,83 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78,42. Hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh t hitung sebesar 2,382 dengan probabilitas (sig.) yaitu 0,020. Merujuk pada hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode giving question and getting answer (memberi pertanyaan dan mendapat jawaban) berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Sep 2015 07:48
Last Modified: 17 Sep 2015 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item