ARDANI PUTRA, 17204163269 (2021) PENALARAN MATEMATIS SISWA MTSN 2 KOTA BLITAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (48kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (265kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (711kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penalaran Matematis Siswa MTsN 2 Kota Blitar Dalam menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar” ini ditulis oleh Ardani Putra, NIM. 17204163269, Pembimbing Musrikah M, S.Pd., Kata Kunci: Penalaran Matematis, Visual, Auditori, Kinestetik Siswa memerlukan kemampuan penalaran matematis baik dalam proses memahami matematika itu sendiri maupun dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang dapat mempengaruhi penalaran pada pola dan sifat salah satunya adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan sebuah cara pembelajaran unik yang dimiliki setiap individu dalam proses pembelajaran. Dilihat dari profil gaya belajar seseorang, tidak semua orang mempunyai gaya belajar yang sama, sekalipun mereka bersekolah di sekolah yang sama atau bahkan duduk di kelas yang sama. Bahkan kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya, ada yang sangat paham, cukup paham, dan ada pula yang tidak. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui penalaran matematis siswa MTsN 2 Kota Blitar dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar visual (2) Untuk mengetahui penalaran matematis siswa MTsN 2 Kota Blitar dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar auditori (3) Untuk mengetahui penalaran matematis siswa MTsN 2 Kota Blitar dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar knestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 6 subjek yang terdiri dari 2 siswa dengan tipe gaya belajar visual, 2 siswa dengan tipe gaya belajar auditori, dan 2 siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, tes soal, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan tipe gaya belajar visual memiliki variasi jawaban serta mampu memenuhi indicator penalaran matematis, (2) Siswa dengan tipe gaya belajar auditori mengalami kesulitan dalam memahami soal sehingga terjadi kesalahan pada menjawab, (3) Siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua indicator penalaran matematik, namun jawaban siswa kurang bervariasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163269 Ardani Putra |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 04:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22840 |
Actions (login required)
View Item |