EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTS AL-ISHLAH KEDIRI

MAULINDA NAIMATUL AZIZAH, 12211173017 (2021) EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTS AL-ISHLAH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (726kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Model Brain Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di MTs Al-Ishlah Kediri”. Ini ditulis oleh Maulinda Naimatul Azizah, NIM. 12211173017, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Brain Based Learning, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya keluasaan dalam memberdayakan potensi otak siswa, dan lebih menekankan pada penggunaan fungsi otak kiri. Sehingga perlu adanya suatu model pembelajaran yang mampu menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri dan memungkinkan mereka menemukan sendiri dengan mengoptimalkan kerja otak. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model brain based learning. Tujuan penelitian yaitu : mengetahui pengaruh (efektivitas) model pembelajaran Brain Based Learning terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Al–Ishlah Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasy Eksperimental dan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Variabel bebas adalah model Brain Based Learning, variabel terikat adalah pemahaman konsep dan berpikir kritis dan variabel kontrol adalah materi, alokasi waktu dan soal pemahaman konsep dan berpikir kritis. Populasinya seluruh siswa kelas VIII di MTs Al-Ishlah Kediri. Pengambulan sampel menggunakan sampling jenuh (tuntas). Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, dan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173017 MAULINDA NAIMATUL AZIZAH
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:17
Last Modified: 19 Oct 2021 05:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22862

Actions (login required)

View Item View Item