M. TRIONO AL FATA, 12502175005 (2020) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MTsN 1 Trenggalek dan MTsN 2 Trenggalek). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK M. Triono Al Fata, 2020, Manajemen Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Keunggulan Peserta Didik (Studi Mulitsitus di MTsN 1 Trenggalek dan MTsN 2 Trenggalek), Program Doktor, Konsentrasi Manajamen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana IAIN Tulungagung, Promotor Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag., dan Dr. Ngainun Na’im, M.H.I Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, Keunggulan Peserta Didik Pengembangan kurikulum pada dasarnya dimulai dari kegiatan menyusun kurikulum, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan memperbaiki sehingga, diperoleh suatu bentuk kurikulum yang dianggap ideal. Oleh karena itu pengembangan kurikulum berlandaskan manajemen berarti melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum berdasarkan pola pikir manajemen atau berdasarkan proses manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen. Manajemen pengembangan kurikulum perlu didesain seefektif dan seefisien mungkin untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam konteks ini adalah untuk meningkatkan keunggulan peserta didik. Kurikulum yang didesain secara efektif dan efisien serta tetap menjaga kualitas akan mempercepat peningkatan keunggulan peserta didik. Tujuan penelitian 1). Mengkaji dan mendeskripsikan desain pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keunggulan peserta didik 2). mengkaji dan mendeskripsikan implementasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keunggulan peserta didik. 3). Mengkaji dan mendeskripsikan evaluasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keunggulan peserta didik. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi multisitus. Pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui kredibilitas data yang meliputi: perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian: desain pengembangan kurikulum meliputi perencanaan perencanaan yang terdiri: 1). landasan pengembangan kurikulum; (a). landasan filosofis, (b). landasan yuridis, (b). landasan sosiologis, (c). landasan psikopedagogis, (d). landasan perkembangan IPTEK, IMTAQ dan (e). landasan agama. 2). prinsip pengembangan kurikulum di MTsN 1 Trenggalek dan MTsN 2 Trenggalek menggunakan; (1). prinsip relevansi, (2). prinsip efektivitas, (3). prinsip efisiensi, (4). prinsip kontinuitas, (5). prinsip fleksibilitas, dan (6). prinsip yang berorientasi pada tujuan. 3). perumusan tujuan pengembangan kurikulum di MTsN 1 Trenggalek dan MTsN 2 Trenggalek meliputi; (a). Tujuan institusional (lembaga pendidikan) dan (b). tujuan instruksional. Tujuan institusional disesuaikan dengan visi dan misi sekolah, sedangkan tujuan instruksional menyesuaikan dengan peraturan permendiknas,Implementasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keunggulan peserta didik pengorganisasian dilaksanakan dengan: a) penyesuaian struktur kurikulum sesuai dengan yang tertuang di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2018. b). penyusunan jadwal pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan pengembangan keunggulan peserta didik. b). pengembangan silabus kurikulum Evaluasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keunggulan Peserta didik meliputi: evaluasi pengembangan kurikulum dalam meningkatkan keunggulan peserta didik: a). evaluasi pembentukan karakter. b). evaluasi pada ranah pengetahuan. c). evaluasi pada ranah keterampilan. d). evaluasi penilaian terhadap ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap. e). evaluasi dari pemerintah. f). evaluasi yang berkaitan dengan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan (sekolah). g). evaluasi yang berkaitan dengan keunggulan peserta didik. h). evaluasi yang berkaitan dengan pengembangan materi dan sarpras. Pengembangan kurikulum peradaban merupakan sebuah tawaran yang akan melengkapi dan mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan peserta didik dan masyarakat khususnya dibidang spiritual dan intelektual. Implikasi dalam pengembangan kurikulum yang efektif dan efisien berorientasi pada peningkatan keunggulan spiritual dan intelektual peserta didik. Karena pada hakekatnya peserta didik yang menuntut ilmu-ilmu umum itu merupakan perjalanan intelektual dan peserta didik yang menuntut ilmu-ilmu agama merupakan perjalanan spiritual. Dan assessmen kompetensi merupakan bentuk evaluasi yang relevan dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan. Indikator utama keunggulan dan kecapakan peserta didik tidak hanya diukur dengan angka-angka, tetapi tampak pada keunggulan dan kecakapan, literasi, numerasi, dan memiliki karakter yang kuat.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12502175005 M. TRIONO AL FATA |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 06:17 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22865 |
Actions (login required)
View Item |