PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ERYYANA NUR AINI, 12205173314 (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya aktivitas belajar tematik yang mengharuskan peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Dengan keadaan yang terjadi saat ini pembelajaran beralih menggunakan sistem daring. Tentunya hal demikian diperlukan pengendalian dalam diri siswa agar pembelajaran terlaksana dengan baik. Keberadaan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dapat meningkatkan kualitas individu siswa sehingga dapat mengatasi hambatan-hambatan belajar. Dengan demikian akan memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Saat ini, di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung juga menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring. Pembelajaran dilakukan melalui media Whatsapp dan e-learning yang tersedia. Untuk hasil belajar tematik, umumnya telah memenuhi standar ketuntasan minimum. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional (X1), motivasi belajar (X2), dan hasil belajar (Y). Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung? (4) Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung?. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekspost facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Dengan menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel yaitu kelas V-A. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar tematik dan foto-foto penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil analisis regresi linier berganda pada kecerdasan emosional diperoleh nilai thitung > ttabel atau 3,638 > 2,160 pada taraf signifikan 5%, yang artinya ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tematik siswa MI Al-Hidayah 01 Betak, (2) hasil analisis regresi linier berganda pada motivasi belajar diperoleh nilai thitung < ttabel atau 1,680 < 2,160 pada taraf signifikan 5%, yang artinya tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar tematik siswa MI Al-Hidayah 01 Betak, (3) hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 7,607 > 3,739 pada taraf signifikan 5%, yang artinya ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar tematik siswa MI Al-Hidayah 01 Betak, (4) hasil analisis koefisien diterminasi menunjukkan bahwa r2 = 53,9%, yang artinya besar pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar tematik siswa MI Al-Hidayah 01 Betak ialah sebesar 53,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173314 Eryyana Nur Aini
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:08
Last Modified: 19 Oct 2021 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item