PERILAKU KONSUMEN JUAL BELI ONLINE DALAM HUKUM EKONOMI KONVENSIONAL DAN ISLAM

UBAYDAN FAHMI, 3221103024 (2016) PERILAKU KONSUMEN JUAL BELI ONLINE DALAM HUKUM EKONOMI KONVENSIONAL DAN ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ubaidan Fahmi, NIM 3221103024, Perilaku Konsumen Jual Beli Online dalam Perspektif Hukum Ekonomi Konvensional dan Islam, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag. M.HI Kata-kata kunci: Perilaku Konsumen, Jual beli Online, Ekonomi Konvensional, Ekonomi Islam Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin berkembang teknologi yang menyembabkan perubahan pada perilaku konsumen. Bahkan dengan berbagai kemudahan yang diberikan konsumen jual beli online membuat menjadi kebutuhan wajib dan penting bagi keberlangsungan hidup manusia melalui transaksi. Akhirnya demi memuaskan nafsunya, berdampak pada pengeluaran yang over budget. Sehingga kebutuhan yang bersifat pelengkap menjadi suatu kebutuhan wajib. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku konsumen jual beli online dalam perspektif hukum ekonomi konvensional?, 2) Bagaimana perilaku konsumen jual beli online dalam perpektif hukum ekonomi Islam? 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan perilaku konsumen jual beli online dalam perspektif hukum ekonomi konvensional dan hukum Islam?. Adapun yang menjadi tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku konsumen jual beli online dalam perspektif hukum ekonomi Konvensional dan Islam, serta memahami persamaan dan perbedaan dari perilaku konsumen jual beli onlien dalam dua perspektif tersebut. Jenis kajian yang digunakan dalam dalam skripsi ini adalah kajian pustaka (library research) yang mengidentifikasi secara sistematis atau menganalisa dokumen yang berasal dari buku, internet, atau sumber lain yang terkait dengan perilaku konsumen, baik dalam ekonomi konvensional maupun Islam. Pendekatan kajian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dari transkrip, buku-buku bacaan, dan bahan-bahan kepustakaan lainnya untuk menganalisa dan menemukan komparasi data yang peneliti dapatkan. Metode analisis data dalam kajian ini yang digunakan adalah metode content analysis, critic analysis, dan comparative analysis. Setelah penulis mengkaji dari berbagai sumber, akhirnya dapat penulis simpulkan: (1) perilaku konsumen dalam perspektif ekonomi konvensional artinya mementingkan kapitalisme, sehingga setiap individu lebih mengutamakan rasional dibandingkan spiritual. (2) Perspektif ekonomi Islam, perilaku konsumen jual beli online didasarkan pada prinsip ketuhanan sehingga dalam setiap aktivitasnya memenuhi kebutuhan konsumen dituntut agar selalu berpedoman pada prinsip tauhid, khilafah, dan juga keadilan. (3) Persamaan dan perbedaan dari kedua perspektif tersebut. Persamaan antara perilaku konsumen jual beli online dalam melaksanakan aktivitas konsumsi dalam ekonomi konvensional dan ekonomi Islam sama-sama digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Perbedaanya terletak pada landasan, prinsip, motif dan tujuan konsumsi, kebutuhan konsumen jual beli online, dan pada teori perilaku konsumen jual beli online.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 3221103024 UBAYDAN FAHMI
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:09
Last Modified: 21 Oct 2021 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22872

Actions (login required)

View Item View Item