PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR

NADIA APRILINA, 12205173022 (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nadia Aprilina. 2020. Skripsi dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orangtua dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Era Pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar” ditulis oleh Nadia Aprilina, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di bimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, M. Pd. Kata Kunci: Pola asuh orangtua, Kondisi Ekonomi Keluarga, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pola asuh orangtua dan kondisi sosial ekonomi keluarga yang dimana kedua hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Seringkali orangtua mendidik, erawat, dan engasuh anak secara frontal atau otodidak. Padahal untuk mengasuh anak ada beberapa tipe pola pengasuhan yang harus diketahui oleh orangtua agar hal tersebut tidak mempengaruhi anak terlebih hasil belajar. Tidak hanya itu, kondisi sosial ekonomi keluarga juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. terlebih lagi pada saat pandemi Covid-19 saat ini, kebutuhan belajar anak seperti handphone dan paket internet harus tersedia ketika kebijakan belajar jarak jauh saat ini, agar anak tidak terlambat memperoleh pelajaran yang harus mereka terima. Keterlambatan saat proses belajar dikarenakan kendala orangtua belum bisa memenuhi kebutuhan pendidikan anak, akan berakibat pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni (1) Adakah pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar ? (2) Adakah pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar ? (3) Seberapa besar presentase pola asuh orangtua dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar ? Berdasarkan penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar (3) Untuk mengetahui seberapa besar presentase pengaruh pola asuh orangtua dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data terkait pengaruh pola asuh orangtua dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar, sampel pada penelitian ini yakni siswa kelas 5 dan 6. Dokumentasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana, serta nilai rapot siswa. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 26.0 for windows. Berdasarkan analisis yang didapatkan bahwa 1) ada pengaruh pola aasuh orangtua terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar dengan perolehan t_hitung > t_tabel (3,718 > 2,036). 2) ada pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar dengan perolehan t_hitung > t_tabel (3,502 > 2,036 ). 3) Dan besar presentase pengaruh pola asuh orangtua dan kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa pada era pandemi Covid-19 di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol sebesar 0,399 atau sama dengan 39,9%, sisanya terdapat dari faktor di luar kedua faktor tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173022 NADIA APRILINA
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:08
Last Modified: 25 Oct 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22915

Actions (login required)

View Item View Item