PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SAINS DI SD PLUS PESANTREN AL-ANWAR PACULGOWANG JOMBANG

RIZQOUL JABBARI MILLIARDI KUSUMA, 12205173010 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SAINS DI SD PLUS PESANTREN AL-ANWAR PACULGOWANG JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Secara Daring Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sains Di SD Plus Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang” ini ditulis oleh Rizqoul Jabbari Milliardi Kusuma, NIM. 12205173010, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, yang dibimbing oleh. Kata kunci: Penerapan, Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Keaktifan Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya keaktifan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas karena merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran dan menciptakan kelas yang menyenangkan untuk siswa. Oleh karena itu, peneliti menghubungkan bagaimana keaktifan belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran mind mapping. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan penerapan model pembelajaran mind mapping secara daring untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di SD Plus Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran mind mapping secara daring untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di SD Plus Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang. (3) Untuk mengetahui evaluasi hasil belajar siswa di SD Plus Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan temuan dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian yang telah dilakukan di SD Plus Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang adalah (1) Perencanaan model pembelajaran mind mapping secara daring dalam mata pelajaran sains yang telah dibuat oleh guru dengan perencanaan yang matang, dari mulai RPP, media pembelajaran, penugasan membuat mind mapping dan evaluasi untuk dapat mengetahui hasil pembelajaran siswa setelah melaksanakan pembelajaran mata pelajaran sains dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. (2) Dengan pelaksanaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sains, sehingga siswa aktif dan bersemangat dalam proses pembelajarannya. (3) Setelah siswa melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dalam mata pelajaran sains, dapat dilihat bahwa hasil pembelajaran siswa berupa tugas membuat mind mapping dan mengerjakan tugas evaluasi itu mendapatkan hasil yang bagus dan nilai diatas KKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173010 Rizqoul
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:42
Last Modified: 26 Oct 2021 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22932

Actions (login required)

View Item View Item