ANI MUFI DATUL KHULUQ, 12505184002 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KARANGWARU TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Realistik Dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karangwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Ani Mufidatul Khuluq dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah,M.Pd.I dan Dr. Eni Setyowati,S.Pd.,M.M Kata Kunci: Bahan Ajar, Model Pembelajaran Realistik, Minat, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran pada kurikulum 2013 dilaksanakan dengan pendekatan scientifik,menggunakan multistrategi dan multimedia, sumber belajar, teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran matematika realistik. Model ini dipandang sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran matematika dengan baik. Salah satu pelengkap yang harus ada dalam pembelajaran yaitu sumber belajar. Sumber belajar sangat erat kaitannya dengan bahan ajar, hal ini karena bahan ajar merupakan sumber belajar yang digunakan oleh guru dan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar matematika yang baik, unik, dan menarik supaya dapat menarik minat dan prestasi belajar peserta didik untuk belajar menggunakan bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar berupa modul matematika berbasis model pembelajaran realistik menggunakan langkah penelitian dan pengembangan yaitu perencanaan, penyusunan modul, uji validasi pakar, revisi produk, uji coba lapangan kecil, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi akhir produk. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana langkah langkah pengembangan bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran realistik dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa? (2) Bagaimana efektivitas bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran realistik dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa? Tujuan dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Untuk menjelaskan langkah langkah pengembangan bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran realistik dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahui efektivitas bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran realistik dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang digunakan meliputi: (1) Penelitian dan Pengembangan; (2) Perencanaan; (3) Penyusunan Modul Matematika Berbasis Model Pembelajaran Realistik; (4) Uji Validasi Pakar; (5) Revisi Produk; (6) Uji Coba Lapangan Kecil; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Lapangan; (9) Revisi Akhir Produk. Dalam penelitian ini, produk bahan ajar berupa modul matematika divalidasi oleh 3 dosen ahli bidang matematika dan 1 guru mata pelajaran matematika kelas IV. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, angket atau kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisisdata menggunakan uji homogenitas, uji normalitas nilai matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk dengan angket respon siswa, sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan produk menggunakan uji t-test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Langkah-langkah pengembangan suatu modul, meliputi penelitian pendahuluan, melakukan perencanaan pembuatan modul, mengembangkan produk awal modul, melakukan uji produk, melakukan revisi produk, selanjutnya dihasilkan produk akhir berupa modul matematika berbasis model pembelajaran realistik. (2) Efektivitas bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran realistik dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa memiliki signifikansi pada “kelas (minat)” adalah 0,00. Karena signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata tingkat minat belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan signifikansi pada “kelas (prestasi belajar)” adalah 0,04. Karena signifikansinya < 0,05, maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata tingkat prestasi belajar matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan produk bahan ajar berupa modul matematika terhadap minat dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Matematika Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 12505184002 ANI MUFI DATUL KHULUQ |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 01:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22939 |
Actions (login required)
View Item |