KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT AL-FURQON KECAMATAN MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN

INTAN ZASPRIL KURNILA, 12205173097 (2021) KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDIT AL-FURQON KECAMATAN MAOSPATI KABUPATEN MAGETAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDIT Al Furqon Maospati Magetan” ini ditulis oleh Intan Zaspril Kurnila, NIM. 12205173097, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Asrop Syafi‟I, M.Ag. Kata Kunci ∶ Komunikasi Guru, Pembelajaran Daring, Motivasi Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Covid 19 dimana seluruh aktivitas sehari hari dari mulai bekerja, belajar, dan kegiatan lainnya akan ada pembatasan dalam melakukannya. Peraturan dari KEMENDIKBUD mengenai pembelajaran daring akan dilaksanakan dari rumah untuk mencegah adanya korban yang terpapar virus covid 19. Hal ini berimbas pada sektor pendidikan, tak terkecuali pada semua guru dan peserta didik. Agar dapat memutus rantai penyebaran virus covid 19 ini lembaga besrsama para guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem daring, dengan menggunakan aplikasi digital seperti whatsapp, google meet, ataupun google from. Pembelajaran daring ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran dengan menggunakan aplikasi penunjang. Diharapkan dalam penerapan pembelajaran daring ini siswa akan tetap produktif, tidak merasa bosan, dan termotivasi serta bersabar terkait dunia pendidikan masih zona darurat dan pelaksanaan pembelajaran masih dilaksanakan dari rumah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana komunikasi guru dalam strategi pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi siswa di SDIT Al-Furqon Maospati Magetan? (2) Bagaimana komunikasi guru dalam metode pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi siswa di SDIT Al-Furqon Maospati Magetan? (3) Bagaimana komunikasi guru dalam proses pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi siswa di SDIT Al-Furqon Maospati Magetan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi guru dalam strategi, metode, dan proses pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi siswa di SDIT Al-Furqon Maospati Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskritif, dimana penelitian ini berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah, kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas IV dan guru kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Komunikasi dalam pembelajaran daring sangatlah penting untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Dalam komunikasi pembelajaran ini peserta didik melalui kegiatan pembelajaran daring, guru di SDIT Al-Furqon Maospati melalui strategi daring method dengan tetap mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kesiapan guru, dan mediayang akan digunakan. (2) Metode pembelajaran daring di SDIT Al-Furqon Maospati ini, guru menerapkan metode ceramah dan tanya jawab pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Selain metode ceramah dan tanya jawab guru dalam menggunakan pola Blended Learning yang merupakan sebuah metode dengan tingkat presentase dikatakan cukup efektif dalam masa belajar online.Selanjutnya, (3) pada proses pembelajaran daring di SDIT Al-Furqon Maospati selama ini menggunakan aplikasi digital seperti aplikasi whatsapp atau video call pada smartphone dan aplikasi penunjang lainnya seperti zoom meet atau google meet, maupun google from, serta menggunakan jaringan atau koneksi internet yang stabil agar saat pembelajaran berlangsung tidak ada hambatan yang terjadi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173097 INTAN ZASPRIL KURNILA
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:17
Last Modified: 27 Oct 2021 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22942

Actions (login required)

View Item View Item