STRATEGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (Studi Multi Situs di MI Perwanida Kota Blitar dan MI Al Falah Kanigoro Kabupaten Blitar)

ELGA DEWI KUMALA TOHARI, 12505184009 (2020) STRATEGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (Studi Multi Situs di MI Perwanida Kota Blitar dan MI Al Falah Kanigoro Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Peningkatan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Tematik (Studi Multi Situs MI Perwanida Kota Blitar dan MI Al Falah Kanigoro)” ini ditulis oleh Elga Dewi Kumala Tohari dengan pembimbing Dr. Hj. Luk Luk Nur Mufidah, M, Pd.I dan Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata kunci : strategi guru, berpikir tingkat tinggi, pembelajaran tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik yang mengacu pada kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik sehingga output pendidikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendekatan ilmiah (saintific) terdiri dari kegiatan mengamati, menalar, menanya, mencoba dan mengkomunikasikan. Sehingga mendukung untuk melatih anak untuk berpikir tingkat tinggi/ HOTS. Jika dilihat dari langkah-langkah pendekatan saintifik ini sepertinya akan mudah diterapkan dalam pembelajaran tematik karena di dalamnya memang terdapat langkah-langkah yang sering digunakan dalam sains meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik yang mengacu pada kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik sehingga output pendidikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendekatan ilmiah (saintific) terdiri dari kegiatan mengamati, menalar, menanya, mencoba dan mengkomunikasikan. Sehingga mendukung untuk melatih anak untuk berpikir tingkat tinggi/ HOTS. Jika dilihat dari langkah langkah pendekatan saintifik ini sepertinya akan mudah diterapkan dalam pembelajaran tematik karena di dalamnya memang terdapat langkah-langkah yang sering digunakan dalam sains meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan. Jenis dan metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas III dan waka kurikulum di MI Perwanida dan MI Al Falah. Temuan penelitian ini memberikan jawaban atas permasalahan yang ada. Diantaranya adalah; (1) Pelaksanaan strategi pengorganisaian pembelajaran yag dilaksanakan oleh guru kelas di di MI Perwanida dan MI Al Falah menyiapkan prota, promes, silabus dan RPP. (2). Pelaksanaan strategi penyampaian materipembelajaran yag dilaksanakan oleh guru kelas di MI Perwanida dan MIAl Falah dengan menggunakan media pembelajaran untuk mendorong interaksi peserta didik dengan media pembelajarn. (3) Strategi pengorganisasian evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di MI Perwnida Kota Blitar dan MI Al Falah Kanigoro dilaksanakan dengan evaluasi hasil belajar dan evaluasi hasil pembelajaran. Evaluasi hasil belajar dilakukan pada awal proses pembelajaran atau akhir pembelajaran dan akhir semester dan tengah semester.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505184009 ELGA DEWI KUMALA TOHARI
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:06
Last Modified: 29 Oct 2021 06:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22987

Actions (login required)

View Item View Item