PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

RINDA KRISMOGA, 12201173128 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran di Luar Kelas Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Rinda Krismoga, NIM: 12201173128. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Muhamad Asngad Rudisunhaji, S. Ag., M.S.I, NIP: 197507202005011004 Kata Kunci: Pembelajaran di Luar Kelas, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi yang dilakukan dalam proses pembelajaran yang terlalu monoton, sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh. Menyebabkan kurangnya respon terhadap materi yang diajarkan oleh pendidik. Padahal kelebihan dari pembelajaran di luar kelas itu sangat banyak, diantaranya membuat peserta didik itu lebih bersemangat karena adanya suana baru dan lingkungan baru. Apabila peserta didik itu merasa senang dan tidak bosan dalam pembelajaran, maka daya tangkap dalam menerima materi yang diajarakan pendidikan terutama pelajaran pendidikan agama Islam itu lebih baik, sehingga peneliti menghubungkan pembelajaran di luar kelas untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar kognitif peserta didik di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar afektif peserta didik di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar psikomotorik peserta didik di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen, populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX, pemilihan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan sampel yang diperoleh kelas IX A dan IX C dengan jumlah siswa sebanyak 54 siswa. Untuk pengambilan data peneliti mengambil data nilai pretest dan post-test untuk prestasi belajar kognitif, mengambil data post-test untuk prestasi belajar afektif dan mengambil data post-test untuk prestasi belajar psikomotorik. Analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan menggunakan uji hipotesis (uji t). Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya pengaruh signifikan pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar kognitif peserta didik dengan dibuktikan nilai Sig.(2-tailed) pada equal variances assumsed sebesar 0,000 taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Adanya pengaruh signifikan pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar afektif peserta didik dengan dibuktikan nilai Sig.(2-tailed) pada equal variances assumsed sebesar 0,000 taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Adanya pengaruh signifikan pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar psikomotorik peserta didik dengan dibuktikan nilai Sig.(2-tailed) pada equal variances assumsed sebesar 0,000 taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173128 RINDA KRISMOGA
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:47
Last Modified: 01 Nov 2021 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22990

Actions (login required)

View Item View Item