PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SIDODADI GARUM BLITAR

DEWI, LEGINA NOVITA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SIDODADI GARUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
awal.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKA fix.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar fiqih Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar.” Ini ditulis oleh Legina Novita Dewi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh M.Pd.I. Kata Kunci: Model STAD (Student Team Achievement Division) Prestasi Belajar.Fiqih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengetahuan para siswa dalam mempelajari fiqih dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru fiqih kurang bervariasi. Dalam pembelajaran fiqih ada beberapa model pembelajaran yang biasa digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah model STAD (Student Team Achievement Division), yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang beranggotakan 4-5 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen di mana dalam tahap pelaksanaanya meliputi tahap pengajaran, kelompok belajar, tes, rekognisi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan Qurban siswa kelas V MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar Tahun Ajaran 2014/2015?; (2) Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division) pada mata pelajaran Fiqih pokok bahasan Qurban siswa kelas V MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar Tahun Ajaran 2014/2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan Qurban siswa kelas V MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar Tahun Ajaran 2014/2015 . (2) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih pada materi qurban melalui pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) kelas V MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 73,91 (52,17%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 86,95 (95,65%) dan berada pada kriteria sangat baik. Dari data tersebut terlihat bahwa model Students Team Achievement Division (STAD)dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih materi Qurban siswa kelas V MI Miftahul Huda Sidodadi Garum Blitar tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: LEGINA NOVITA DEWI
Date Deposited: 21 Sep 2015 02:53
Last Modified: 21 Sep 2015 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2307

Actions (login required)

View Item View Item