KEMAMPUAN BERPIKIR REFRAKTIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

ANGGI AMEILIA SARI RAHMA PUTRI, 12204173111 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR REFRAKTIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Refraktif Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ditulis oleh Anggi Ameilia Sari Rahma Putri, NIM. 12204173111, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Refraktif, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari cara siswa dalam memecahkan soal berbasis masalah. Salah satu berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir refraktif. Berpikir refraktif merupakan berpikir yang didahului berpikir reflektif dan dilanjutkan dengan berpikir kritis. Dalam memecahkan masalah siswa masih terpaku pada contoh dalam buku dan guru, sehingga kurang dalam berpikir refraktif. Maka dari itu, perlu untuk meningkatkan kemampuan berpikir refraktif dengan sering berlatih soal pemecahan masalah sesuai dengan karakteristik gaya belajar tiap siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Kemampuan Berpikir Refraktif Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Visual dalam Pemecahan Masalah pada Materi Lingkaran 2). Untuk mendeskripsikan Kemampuan Berpikir Refraktif Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Audio dalam Pemecahan Masalah pada Materi Lingkaran 3). Untuk mendeskripsikan Kemampuan Berpikir Refraktif Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Kinestetik dalam Pemecahan Masalah pada Materi Lingkaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII D SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar, yang diambil 2 siswa dari masing-masing gaya belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitia ini menggunakan angket, tes berpikir refraktif, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengechekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan berpikir refraktif siswa dengan gaya belajar visual dapat melalui tiga komponen yaitu identifikasi masalah, strategi dan evaluasi. Namun, terdapat siswa dengan gaya belajar visual yang belum bisa melaksanakan evaluasi dengan tepat, 2) Kemampuan berpikir refraktif siswa dengan gaya belajar audio dapat melalui tiga komponen yaitu identifikasi masalah, strategi dan evaluasi. Akan tetapi, ada siswa dengan gaya belajar audio yang belum bisa melaksanakan evaluasi dengan tepat. 3) Kemampuan berpikir refraktif siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat melalui tiga komponen yaitu identifikasi masalah, strategi dan evaluasi. Namun, terdapat siswa dengan gaya belajar kinestetik belum bisa melaksanakan strategi dan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173111 Anggi Ameilia Sari Rahma Putri
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:21
Last Modified: 11 Nov 2021 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23086

Actions (login required)

View Item View Item