PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BRELAJAR SISWA KELAS X MIPA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

SINGGIH ARDIANTAMA, 17201163176 (2021) PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BRELAJAR SISWA KELAS X MIPA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Program Media Gambar dan Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Singgih Ardiantama, NIM. 17201163176, pembimbing Abdul Aziz Faradhi, M.Hum. Kata Kunci:Media Gambar dan Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangiatas Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonomi, sosial dan budaya maupun pendidikan. Agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan IPTEK tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian, terutama yang berkaitan dengan faktorfaktor pengajaran di sekolah. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh guru, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran kepada para peserta didik secara baik, berdaya guna dan berhasil. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakahpengaruh media gambar dan video terhadap motivasibelajar siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung? (2) Adakahpengaruh media gambar dan video terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran PAIdi SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung? (3) Adakahpengaruh secara bersama-sama media gambar dan video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh media gambar dan video motivasibelajar siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung, (2) Untuk menjelaskan pengaruh media gambar dan video terhadap hasilbelajar siswa pada matapelajaran PAI di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung, (3) Untuk menjelaskan pengaruh secara bersama-sama media gambar dan videoterhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada matapelajaran PAIdi SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung untuk dapat dijadikan kebijakan bagi kepala sekolah dalam menyusun program pembelajaran serta memperbaiki kualitas pembelajaran. Bagi para guru SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung untuk dapat dijadikan masukan dan pandangan baru dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Bagi siswa SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung diharapkan siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Sumber data yang digali adalah siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai media gambar dan video serta motivasi belajar peserta didik. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, serta data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikanantara media gambar dan video terhadap motivasidan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value / signifikansi t untuk motivasi belajar siswa adalah 0,000, untuk hasil belajar siswa adalah 0,039, serta pengaruh secara bersama-sama motivasi dan hasil belajar siswa adalah 0,000 dan semua nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Penelitian ini selaras dengan hipotesis (H1), yaitu ada pengaruh yang signifikan media gambar dan video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163176 SINGGIH ARDIANTAMA
Date Deposited: 30 Nov 2021 06:54
Last Modified: 30 Nov 2021 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23091

Actions (login required)

View Item View Item