PERAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI PEDESAAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Kelompok Ternak Itik “Sumber Rejeki” di Dusun Getung Desa Tawangrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan )

TRI NURLAILI HIDAYAH, 174021 63417 (2021) PERAN PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI PEDESAAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Kelompok Ternak Itik “Sumber Rejeki” di Dusun Getung Desa Tawangrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan ). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Perempuan Dalam Pengembangan Ekonomi Pedesaan di Tengah Pandemi Covid-19 ditinjau dari Ekonomi Islam” (Studi Kasus Kelompok Ternak Itik “Sumber Rejeki” di Dusun Getung Desa Tawangrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan). Ditulis oleh Tri Nurlaili Hidayah, NIM. 17402163417, dengan dosen pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya peran perempuan yang ikut andil dalam mengembangkan ekonomi pedesaan di Desa Tawangrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan melalui kelompok ternak itik “Sumber Rejeki” di desa tersebut, tepatnya berlokasi di Dusun Getung. Adanya Pandemi Covid-19 juga mempengaruhi aktivitas perekonomian pada ternak itik tersebut. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan 1) untuk mengetahui apa saja peran perempuan dalam mengelola pengembangan ekonomi pedesaan di tengah pandemi Covid-19 pada kelompok ternak itik sumber rejeki di Dusun Getung Desa Tawangrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, 2) untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap kelompok ternak itik sumber rejeki, serta 3) untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap peran perempuan dalam pengembangan ekonomi pedesaan pada ternak itik sumber rejeki di Dusun Getung Desa Tawangrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi, baik berupa wawancara, observasi dan telaah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan variabel penelitian. Adapun subjek penelitian merupakan kelompok budidaya itik “Sumber Rejeki”, beserta masyarakat di lingkungan Desa Tawangrejo, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran perempuan dalam mengembangkan ekonomi pedesaan melalui Kelompok ternak Itik “Sumber Rejeki” adalah dengan meningkatkan perekonomian desa melalui usahanya, meningkatkan kesejahteraan keluarga masing-masing anggota, mendapat prestasi di tingkat nasional, membuka lapangan pekerjaan, hingga sebagai sarana edukasi. 2) Dampak Pandemi Covid-19 terhadap usaha kelompok Sumber Rejeki menyebabkan kerugian yang diakibatkan oleh turunnya permintaan secara signifikan, penurunan harga produk ternak, dan tingginya harga pakan. 3) Tinjauan ekonomi Islam terhadap peran perempuan Kelompok Ternak Itik “Sumber Rejeki” dalam mengelola pengembangan ekonomi pedesaan adalah bahwa dalam Islam, perempuan diberi hak yang sama dengan kaum laki-laki dan dibenarkan bekerja mencari rizki yang halal, serta berhak menyalurkan aspirasinya dalam hal positif. Kata Kunci : Peran Perempuan, Ekonomi Pedesaan, Budidaya / Ternak Itik, Pandemi Covid-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 174021 63417 TRI NURLAILI HIDAYAH
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:15
Last Modified: 22 Nov 2021 01:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23125

Actions (login required)

View Item View Item