STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA KEPADA SISWA DI SMP NEGERI 3 SRENGAT

ALYFIA SARIFATUN NI’MAH, 12201173077 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA KEPADA SISWA DI SMP NEGERI 3 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alyfia Sarifatun Ni’mah, NIM. 12201173077, 2021, Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Beragama Kepada Siswa di SMPN 3 Srengat Blitar, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Abdulloh Chakim, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Toleransi Beragama Konflik antar agama yang ada di lingkungan masyarakat masih banyak terjadi, termasuk di sekolah juga marak kasus-kasus intoleransi seperti kasus bullying sehingga diperlukan pengembangan sikap toleransi beragama kepada siswa. Guru PAI merupakan kunci utama keberhasilan tujuan pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif. Peneliti tertarik untuk membahas terkait strategi guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama kepada siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana karakteristik keagamaan siswa dan sikap toleransi siswa di SMPN 3 Srengat? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama kepada siswa di SMPN 3 Srengat? (3) Bagaimana dampak upaya guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama kepada siswa di SMPN 3 Srengat?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan karakteristik keagamaan dan sikap toleransi siswa di SMPN 3 Srengat Blitar (2) Untuk mendiskripsikan upaya guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama kepada siswa di SMPN 3 Srengat Blitar (3) Untuk mendeskripsikan dampak upaya guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama kepada siswa di SMPN 3 Srengat Blitar di SMPN 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penyimpulan data.Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitiannya adalah (1) Karakteristik keagamaan siswa dan sikap toleransi beragama kepada siswa di SMPN 3 Srengat adalah ada empat agama yakni Islam, Kristen, Khatolik dan Hindhu dimana semua agama diajarkan untuk hidup rukun dan damai dengan sikap toleransi beragama yakni memberi kebebasan untuk menjalankan ajaran agama masing-masing, saling menghormati antar teman, saling menghargai antar teman, tidak menciptakan konflik keagamaan, tidak saling membully atau mengolok-olok, yang bersifat keagamaan, melakukan kerjasama yang tidak melibatkan unsur keagamaan (2) Upayaguru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama kepada siswa di SMPN 3 Srengat adalah dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Guru PAI merencanakan pembelajaran seperti pada saat memilih materi, meskipun tidak ada materi khusus. Guru menekankan pendidikan keimanan yang menyangkut hubungan manusia dengan manusia. Guru PAI menciptakan ssuasana kelas yang kondusif. Selanjutnya dalam pelaksanaan Guru PAI dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar juga menentukan metode yang cocok digunakan. Metode-metode yang dapat mengembangkan sikap toleransi seperti diskusi kelompok, ceramah dan pembiasaan, keteladanan dengan menggunakan media yang menarik seperti LCD Proyektor. Selanjutnya, Guru PAI melakukan evaluasi dengan menggunakan tiga aspek yakni kognitf, afektif dan psikomotorik.Kognitif (pengetahuan) dengan penugasan secara kelompok atau individu, afektif (sikap) penilaian sikap di dalam kelas atau di luar kelas sedangkan psikomotrik (ketrampilan) tentang tindakan yang diambil ketika memutuskan masalah di dalam diskusi kelompok atau dengan bagaimana tindakan yang diambil ketika teman memiliki perbedaan pendapat dengan dirinya. (3) Dampak dengan adanya upaya guru PAI dalam mengembangkan sikap toleransi beragama kepada siswa di SMPN 3 Srengat adalah tidak terjadinya konflik yang mengandung unsur keagamaan, hubungan pertemanan semakin erat dan adanya kecakapan sosial di lihat dari kegiatan ektrakulikuler sekolah. Selain itu adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah kegiatan ekstrakulikuler, lingkungan sekitar, fasilitas yang lengkap. Faktor penghambatnya adalah kesadaran siswa, dukungan orang tua dan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam
Pendidikan > SQ
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alyfia 12201173077 Sarifatun
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:41
Last Modified: 18 Nov 2021 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23155

Actions (login required)

View Item View Item