STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung dan MI Himmatul Ulum Trenggalek)

ARIF CHOIRUL MUFIDAH, 12505184005 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung dan MI Himmatul Ulum Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Peserta Didik (Studi Multi Situs di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung dan MI Himmatul Ulum Trenggalek)” ini ditulis oleh Arif Choirul Mufidah dibimbing oleh Dr. H. Nur Efendi, M. Ag dan Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci : Strategi Guru, Nilai, Pendidikan Karakter, Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa penerapan pendidikan karakter kini sudah mulai dicanangkan oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah maka dari itu perlu diteliti mengenai keberhasilan pada pelaksanaan penerapan pendidikan karakter tersebut. Guru mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penananaman nilai-nilai karakter ini, tujuannya untuk meciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia, guru dipercaya mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru yaitu berhadapan dengan sejumlah peserta didik yang semuanya ingin diperhatikan. Peserta didik akan berkembang secara optimal melalui perhatian guru yang positif, sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat perkembangan peserta didik. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti merumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimanakah pendekatan strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung dan MI Himmatul Ulum Trenggalek? 2) Bagaimanakah pelaksanaan strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung dan MI Himmatul Ulum Trenggalek? 3) Bagaimanakah evaluasi strategi guru untuk menananmkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung dan MI Himmatul Ulum Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan mulai analisis data kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terkait dengan pendekatan strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik yaitu dengan menganilis SK, KD, dan indikator materi yang akan disajikan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang akan di selipkan sesuai dengan materinya kemudian menerapkan konsep pembelajaran yang menyenangkan, menerapkan nilai-nilai keislaman, kreatifitas, peserta didik ditempatkan sebagai pusat kegiatan pembelajaran, sehingga perkembangan psikologi peserta didik sangat diperhatikan, serta dengan merencanakan program-program unggulan yang digunakan sebagai proses penanaman karakter. 2) Terkait dengan pelaksanaan strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik yaitu dengan adannya tindakan seperti tidak menjadikan satu-satunya nilai yang tinggi sebagai patokan hasil yang ingin dicapai, melainkan karakter baik seperti memiliki kemampuan mengaji yang bagus, sikap dan budi pekerti yang santun, mampu melaksanakan ibadah sholat dengan baik, pembiasaan membaca materi khas, membaca doa-doa harian, mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dengan tertib, dan memahami pentingnya khusu’ dalam beribadah. 3) Terkait dengan evaluasi strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter pada pesera didik, secara garis besar faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada pesera didik, adalah: a) Sarana dan prasarana, b) Peserta didik, c) perkembangan teknologi, sedangkan faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada pesera didik adalah: a) Kerjasama pihak sekolah dengan orang tua dan b) Optimalisasi pembinaan karakter disekolah (kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan keagamaan).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505184005 ARIF CHOIRUL MUFIDAH
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:09
Last Modified: 22 Nov 2021 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23163

Actions (login required)

View Item View Item