AFLA QISBADIANA AFIFA, 12205173278 (2021) ANALISIS KESULITAN GURU FIQIH PADA PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (891kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Guru Fiqih Pada Proses Pembelajaran Berbasis Daring Siswa Kelas 2 Di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Afla Qisbadiana Afifa, Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah, NIM. 12205173278, pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci: Analisis Kesulitan Guru, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak banyak pihak khususnya pada dunia pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Pada saat pelaksaanaan pembelajaran tentunya guru mempunyai kesulitan dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai anaisis kesulitan guru fiqih pada proses pembelajaran berbasis daring di MI Rodlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Fokus Penelitian dalam penelitian skripsi ini:(1)Bagaimana implementasi pembelajaran fiqih berbasis daring siswa kelas 2 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021?(2)Apa saja kesulitan yang dialami guru fiqih dalam pembelajaran berbasis daring siswa kelas 2 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021?(3)Bagaimana strategi yang dilakukan guru fiqih untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran berbasis daring siswa kelas 2 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini meliputi:(1)Untuk mendeskripsikan implementasi fiqih berbasis daring siswa kelas 2 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021.(2)Untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru fiqih dalam pembelajaran berbasis daring siswa kelas 2 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021.(3)Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru fiqih untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran berbasis daring siswa kelas 2 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsrvasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: (1) Implementasi pembelajaran fiqih berbasis daring di MI Roudlotul Ulum Jabalsari yaitu meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran (2) Kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran fiqih berbasis daring di MI Roudlotul Ulum Jabalsari dari sisi guru belum ahli dalam mengoperasikan aplikasi pembelajaran daring, mengajarkan materi yang mengharuskan siswa praktek, kuota dan jaringan internet terbatas. Dari sisi siswa sebagian tidak memiliki hp, mengirim tugas terlambat, kurang dukungan dari orang tua, kuota dan jaringan internet terbatas. (3) Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan dalam pembelajaran fiqih berbasis daring di MI Roudlotul Ulum Jabalsari yaitu guru mengadakan rapat, guru meminta bantuan orang tua untuk mendampingi anak pada saat pembelajaran, bantuan kuota gratis serta menggunakan dana BOS untuk membeli kuota, guru belajar menggunakan aplikasi pembelajaran daring, menyediakan tugas offline, mendatangi rumah siswa yang belum mampu atau ketinggalan materi, menggunakan video pembelajaran yang sesuai dari youtube untuk menyampaikan materi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173278 AFLA QISBADIANA AFIFA |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 01:48 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 01:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23171 |
Actions (login required)
View Item |