IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pedagang Daging Di Pasar Basah Kabupaten Trenggalek)

FUAD ASRHOFUL NGIBAT, 12402173614 (2021) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pedagang Daging Di Pasar Basah Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Etika Bisnis Dalam Transaksi Jual Beli Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pedagang Daging Di Pasar Basah Kabupaten Trenggalek)” yang ditulis oleh Fuad Asrhoful Ngibat, NIM.12402173614, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Suminto, M.Pd.I. Penerapan ataupun pemahaman akan prinsip etika bisnis islam mutlak harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik seorang pelaku bisnis atau pedagang yang melakukan aktivitas ekonomi. Sebagaimana dalam etika bisnis ada beberapa prinsip yaitu Unity (kesatuan/kesaan), Equalibrium (keseimbangan), Free Will (kehendak bebas), Responsibility (tanggung jawab), Benevelonce (Kebenaran, Kebajikan, dan Kejujuran), dan prinsip itu yang perlu diterapkan ataupun dipahami oleh pelaku bisnis bisnis. Dalam realita yang ada transaksi jual beli ada pedagang yang tidak baik dalam melayani pembeli dan tidak memperhatikan terhadap kualitas barang dagangan dan bahkan dalam menentukan harga tidak dilakuanya dengan benar. Berdasarkan dengan hal tersebut peneliti akan meneliti lebih dalam bagaimana penerapan dan pemahaman tentang etika bisnis pada pedagang daging yang ada di Pasar Basah Trenggalek apakah sesuai dengan prinsip prinsip di dalam etika bisnis islam. Fokus penelitian yang dikemukakan sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan etika bisnis islam dalam transaksi jual beli pada pedagang daging di Pasar Basah Trenggalek?2) Bagaimana persepsi penjual daging di Pasar Basah Trenggalek mengenai etika bisnis islam? Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pedagang daging di pasar basah Trenggalek telah menerapkan prinsip prinsip yang ada dalam etika bisnis islam yaitu: yaitu Unity (kesatuan/kesaan), Equalibrium (keseimbangan), Free Will (kehendak bebas), Responsibility (tanggung jawab), Benevelonce (Kebenaran, Kebajikan, dan Kejujuran). 2) Pedagang daging di pasar basah Trenggalek telah memahami apa itu etika bisnis islam yang. Sebagaimana dapat dilihat dari memahami apa yang dimaksut dengan etika bisnis islam, keesaan, keadilan, kerjasama, tanggung jawab, dan kejujuran. Kata Kunci: Implementasi Etika Bisnis, Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173614 FUAD ASRHOFUL NGIBAT
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:20
Last Modified: 24 Nov 2021 05:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23226

Actions (login required)

View Item View Item