PENERAPAN METODE KETELADANAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN NILAI SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR

SITI LAILATUL MAHMUDAH, 12201173213 (2021) PENERAPAN METODE KETELADANAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN NILAI SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Keteladan Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Nilai Spiritual Peserta Didik di MTsN 1 Blitar” ditulis oleh Siti Lailatul Mahmudah, NIM. 12201173213, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata kunci: Metode Keteladanan, Guru Aqidah Akhlak, Nilai Spiritual Guru hendaknya mengaplikasikan materi ke dalam bentuk perilaku dan menjadikan dirinya sebagai teladan yang baik untuk peserta didiknya melalui metode keteladanan bukan hanya menyampaikan materi saja. Mengingat seorang guru memiliki tugas lebih dalam mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai spiritual yang baik di sekolah. Maka penulis ingin meneliti terkait metode keteladanan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan nilai spiritual peserta didik di MTsN 1 Blitar yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan metode keteladanan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan nilai spiritual peserta didik di MTsN 1 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode keteladanan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan nilai spiritual peserta didik di MTsN 1 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode keteladanan guru aqidah akhlak dalam meningkatkan nilai spiritual peserta didik di MTsN 1 Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomenologi. Lokasi penelitian berada di MTsN 1 Blitar. Sumber data penelitian ini yaitu dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, pembahasan teman sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan penerapan metode keteladanan di MTsN 1 Blitar sudah direncanakan dalam bentuk pembuatan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan nilai spiritual peserta didik. Kegiatan yang dibuat madrasah diterapkan di luar pembelajaran, sedangkan di dalam pembelajaran sudah diwenangkan kepada guru yang mengajar. Perencanaan penerapan metode keteladanan guru aqidah akhlak sesuai dengan perangkat pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat dengan memberikan kegiatan yang bermuatan spiritual di dalamnya. Nilai-nilai spiritual yang bisa ditingkatkan di MTsN 1 Blitar diantaranya nilai kejujuran, nilai keikhlasan, nilai keimanan, nilai akhlak, nilai keteladanan, dan nilai ibadah. (2) Penerapan metode keteladanan guru aqidah akhlak di MTsN 1 Blitar diterapkan dalam dua bentuk, yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Pelaksanaannya dengan memadukan beberapa metode. Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan madrasah dan guru, seperti pemberian nilai-nilai, berjabat tangan, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, membaca Al-qur’an, infaq dan lainnya. Dalam penerapannya terdapat faktor pendukung yang berasal dari dalam maupun dari luar. Selain itu, ditemukan juga faktor penghambat yaitu dari dalam maupun dari luar. Dari hambatan tersebut bisa dari dalam maupun dari luar. Solusi untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam penerapan metode keteladanan disesuaikan dengan seberapa besar hambatan yang ada. Solusi yang dilakukan bersifat mendidik. (3) Dalam evaluasi penerapan metode keteladanan guru ditemukan dampak dari penerapan metode keteladanan guru dalam peningkatan nilai spiritual peserta didik yaitu dampak positif dan dampak negatif. Tetapi lebih cenderung ke dampak positif yang diperoleh. Sedangkan perubahan yang diperoleh dari penerapan metode keteladanan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan nilai spiritual peserta didik di MTsN 1 Blitar yaitu dominan ke perubahan yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173213 SITI LAILATUL MAHMUDAH
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:33
Last Modified: 25 Nov 2021 05:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23238

Actions (login required)

View Item View Item