MOCH. FRIDAN YUANANTA, 12402173433 (2021) STRATEGI SISTEM BAURAN PEMASARAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA UD. CRAFIRAFI KELURAHAN TERTEK KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (144kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (619kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Sistem Bauran Pemasaran Perspektif Ekonomi Islam Pada UD. Crafirafi Kelurahan Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Moch. Fridan Yuananta, NIM. 12402173433 dengan dibimbing langsung oleh bapak Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya politik pasar bebas ASEAN yang diterapkan diberbagai negara diwilayah Asia Tenggara, Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menghadapi hal tersebut adalah dengan memberdayakan sektor ekonomi mikro seperti small-business atau industri kecil dan rumah tangga. Hal tersebut dilakukan karena usaha mikro telah terbukti mampu bertahan dalam menghadapi kondisi perekonomian yang sulit seperti ini menggunakan berbagai strategi, diantaranya strategi bauran pemasaran (marketing-mix). Salah satu usaha yang menerapkan strategi bauran pemasaran yaitu UD. Crafirafi. Berdasarkan hal tersebut dibentuklah dua fokus penelitian, antara lain: 1) Bagaimana strategi bauran pemasaran yang sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam dalam mengembangkan produk kerajinan bambu UD. Crafirafi? 2) Bagaimana analisis SWOT strategi bauran pemasaran dalam mengembangkan produk kerajinan bambu UD. Crafirafi? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh dari informan, situasi lokasi, dan berkas-berkas dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui sebagai berikut: 1) UD. Crafirafi telah menetapkan semua strategi pemasaran, diantaranya tiga strategi produk, yang pertama adalah banyaknya varian model dan jenis yang dapat diproduksi, kedua motif dan pola produknya yang selalu berubah sesuai dengan trend yang ada, dan yang ketiga selalu menjaga kualitas produknya. UD. Crafirafi tidak menerapkan strategi bauran khusus dalam konsep harga. Selain itu, strategi tempat yang digunakan oleh UD. Crafirafi yaitu: pertama lokasinya yang sangat strategis berada ditengah-tengah kota, kedua akses ke lokasi cukup mudah, dan ketiga lokasinya mudah diingat karena dekat dengan jalan provinsi. Ada dua jenis strategi promosi yang digunakan pada UD. Crafirafi itu, yang pertama melalui berbagai media sosial, dan yang kedua adalah melalui pendekatan langsung dengan pelanggan. Keempat strategi bauran pemasaran yang diterapakan UD. Crafirafi tersebut telah sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam. 2) Berdasarkan matrik SWOT dan diagram SWOT pada UD. Crafirafi, terbentuklah tiga strategi baru, antara lain: pertama pemilik UD. Crafirafi bisa melakukan penguasaan pasar disekitar wilayah lokasi sehingga bisa mengantisipasi pesaing yang akan datang, kedua pemilik UD. Crafirafi bisa terus mengembangkan varian dan inovasi produk bersamaan dengan meluaskan pangsa pasar, dan ketiga pemilik UD. Crafirafi bisa melakukan pemasaran secara berkala dan stabil dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Kerajinan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402173433 Moch. Fridan Yuananta |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 06:35 |
Last Modified: | 01 Dec 2021 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23274 |
Actions (login required)
View Item |