STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

HAYU WULAN SHOFIANI, 12205173293 (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Hayu Wulan Shofiani, NIM. 12205173293, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing Prof. Dr. Sokip S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, karakter religius, Kegiatan Ekstrakurikuler Penelitian ini dilatar belakangi oleh MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan untuk menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Hal ini dilakukan untuk membentuk perilaku akhlakul karimah kepada peserta didik serta memberikan pembekalan agar peserta didik terhindar dari hal-hal yang negatif seiring perkembangan zaman. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam menanamkan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler sholawat di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam menanamkan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler tahfidzul qur’an di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam menanamkan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler qiro’atil qur’an di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan (1) kreadibilitas (creadibility),(2) keteralihan(transferability), (3) keterikatan (dependability), (4) kepastian (konfirmability). Hasil penelitiannya: 1) Strategi kepala madrasah dalam menanamkan karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler sholawat, tahfidzul qur’an, dan qiro’atil qur’andi MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung yang pertama yaitu, dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dengan rutin setiap minggunya. Kedua, dengan meggunakan strategi dimana guru lebih menekankan pada pemberian materi serta pemahaman siswa dengan memberikan contoh hingga siswa dapat menirukannya. Ketiga,dengan memberikan guru-guru yang berkompeten dalam bidangnya sehingga dapat menekankan karakter religius tanggung jawab, disiplin, jujur, disiplin dan ikhlas, amanah, aspek ibadah, dan disiplin

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173293 HAYU WULAN SHOFIANI
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:43
Last Modified: 01 Dec 2021 01:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23340

Actions (login required)

View Item View Item