MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG JAMBU DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN (Studi Kasus di Kampung Jambu Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)

EVI SANDRA FITRIANA, 12402173684 (2021) MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG JAMBU DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN (Studi Kasus di Kampung Jambu Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Strategi Pengembangan Kampung Jambu Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Kasus Di Kampung Jambu Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Evi Sandra Fitriana, NIM. 12402173684 pembimbing Suminto, M.Pd.I Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen strategi pengembangan Kampung Jambu Karangsono Blitar dalam meningkatkan omzet penjualan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hasil panen buah jambu biji merah. Pelaku usaha berinovasi dengan membuat branding wisata Kampung Jambu. Namun omzet yang dihasilkan masih terbilang fluktuasi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi pengembangan Kampung Jambu dalam meningkatkan omzet penjualan? (2) Bagaimana implementasi strategi pengembangan Kampung Jambu dalam meningkatkan omzet penjualan? (3) Bagaimana evaluasi strategi pengembangan Kampung Jambu dalam meningkatkan omzet penjualan? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan perpanjangan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen perencanaan strategi pengembangannya adalah mengembangkan visi misi, menentukan kekuatan dan kelemahan, mengidentifikasi peluang dan ancaman, menetapkan tujuan jangka panjang, menentukan strategi alternatif yang digunakan seperti menjadi pengepul buah jambu biji merah, membuat branding Kampung Jambu sebagai wisata edukasi, membuat olahan produk berbahan dasar jambu, dan membuat kemitraan petani jambu. (2) Manajemen implementasinya yaitu memotivasi karyawan, mengalokasikan sumber daya, mendistribusikan buah jambu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memberikan ilmu pengetahuan tentang pembudidayaan pohon jambu kepada pengunjung wisata, melakukan promosi melalui media sosial, bekerja sama dengan BUMDES Mekar Sari Karangsono Blitar dan bekerja sama dengan petani jambu (3) Manajemen evaluasi dari perencanaan strategi pengembangan sudah berjalan efektif dan efisien. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan, Peningkatan Omzet

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173684 EVI SANDRA FITRIANA
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:52
Last Modified: 06 Dec 2021 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23377

Actions (login required)

View Item View Item