STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTsN LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015

HANIFAH, ASNI (2015) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI MTsN LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
02. BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
04.BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf

Download (295kB)
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
07. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN Langkapan Srengat Blitar Tahun ajaran 2014/2015”, ini ditulis oleh Asni Hanifah, NIM 3211113045, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar , Mata Pelajaran Fikih, MTsN Langkapan Seorang gu ru harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menekankan pada terjadinya proses belajar siswa secara aktif melalui berbagai kegiatan. Mata pelajaran agama merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari bagi umat Islam, khususnya fikih. Fikih mengajarkan bagaimana seorang siswa harus berbuat baik, bagaimana tata cara beribadah yang benar, dan lain - lain. Selama ini, guru mata pelajaran fikih hanya menyampaikan materi melalui metode ceramah dan tanya jawab, namun jika hanya menggunak an strategi seperti itu siswa akan mudah bosan mengikuti pelajaran fikih. Di sinilah diperlukan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN Langkapan. Dengan adanya strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru mata pelajaran fikih, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, agar pelajaran fikih menjadi pelajaran yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi i ni adalah (1) Bagaimana metode guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pa da mata pelajaran fikih di MTsN Langkapan Srengat Blitar tahun ajaran 2014/2015? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pel ajaran fikih di MTsN Langkapan S rengat Blitar tahun ajaran 2014/2015? Adapu n yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN Langkapan srengat Blitar, dan mengetahui faktor penduku ng dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belaja r siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN Langkapan Srengat Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu, penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata - kata tertulis/lisan dari orang - orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian di lapangan. Dari hasil uraian di atas, guru mata pelajaran fikih di MTsN Langkapan mengajar tidak hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, tetapi guru mata pelajaran fikih di MTsN Langkapan mengajar menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa antusias mengikuti mata pelajaran fikih . Metode yang d igunakan guru fikih dalam mengajar antara lain metode discovery, kerja kelompok, diskusi, dan lain - lain. xvii Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih antara lain siswa itu sendiri, lingkungan, s arana dan prasarana yang ada. Solusi yang dilakukan oleh guru ketika mengalami faktor penghambat tersebut antara lain, memberikan hadiah, memberikan nilai, memberikan pujian, dan lain sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asni skripsi asnihanifah
Date Deposited: 22 Sep 2015 04:29
Last Modified: 22 Sep 2015 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item