DEVARIANTO ALFILIANO, 12402173593 (2021) STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ANEKA USAHA CATERING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Usaha Mikro Kecil dan Menengah Aneka Usaha Catering Desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (368kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (38kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Aneka Usaha Catering Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Di Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Aneka Usaha Catering Desa Tenggarejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Devarianto Alfiliano, NIM. 12402173593, Dosen pembimbing: Suminto, M. Pd. I. Penelitian dilatar belakangi oleh adanya pandemi COVID-19 yang menghambat proses pemasaran Aneka Usaha Catering sehingga pelaku usaha mengalami kesulitan dalam meningkatkan usahanya. Berdasarkan hal tersebut Aneka Usaha Catering menerapakan berbagai strategi yang tepat untuk bisa mempertahankan konsumen. Semakin banyak dan meningkatnya para pelaku usaha bisnis menimbulkan persaingan pasar yang semakin ketat seiring dengan derasnya arus perdagangan bebas. Secara otomatis kondisi tersebut membuat kompetis dating dari segala penjuru baik dari domestik, regional, maupun global. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis strategi pemasaran Aneka Usaha Catering untuk meningkatkan daya saing, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pemasaran Aneka Usaha Catering, (3) Untuk menunjukkan data produksi dan penjualan Aneka Usaha Catering pada tahun 2017-2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga jalur analisis data kualitatif yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pemasaran yang digunakan Aneka Usaha Catering diantaranya dengan melakukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar, serta bauran pemasaran. Hal ini bertujuan untuk melancarkan dan memudahkan kegiatan pemasaran dan tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain yang memiliki usaha yang sama. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi pemasaran catering Aneka Usaha Catering. Faktor pendukung yang mempengaruhi strategi pemasaran makanan Aneka Usaha Catering yaitu kualitas produk, jaringan pasar yang luas, sosial media, dan produk. Sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi strategi pemasaran makanan Aneka Usaha Catering Tulungagung yaitu kurangnya tenaga kerja, faktor harga, faktor pesaing, dan keterlambatan dalam pengiriman barang. (3) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Aneka Usaha Catering sudah cukup efektif dalam memasarkan produknya, karena dilihat dari peningkatan-peningkatan jumlah produksi. Aneka Usaha Catering terus berupaya mengembangkan produk dengan berbagai macam strategi untuk memasarkannya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, Aneka Usaha Catering
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pandemi Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402173593 DEVARIANTO ALFILIANO |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 06:36 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23380 |
Actions (login required)
View Item |