NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DALAM KITAB TA’LIM MUTTA’ALIM

YOPY SAFRIZAL KUSUMA PUTRA, 17201163333 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DALAM KITAB TA’LIM MUTTA’ALIM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Peserta Didik dalam Kitab Ta‟lim Mutta‟alim”, ditulis oleh Yopy Safrizal Kusuma Putra, NIM. 17201163333, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan Akhlak, Kitab Ta‟lim Mutta‟alim Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan hal yang harus ditempuh oleh semua orang. Pendidikan yang seharusnya bisa mencetak generasi penerus yang unggul dalam intelektual, emosional maupun spiritual. Semua pendidikan sangatlah penting, tetapi pendidikan akhlak lah yang dapat menyelesaikan permasalahan krisis moral dalam bangsa ini. Melihat situasi peserta didik, sangat menarik pembahasan nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta‟lim Mutta‟alim. Fokus penelitian dalam penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik dalam kitab Ta‟lim Mutta‟alim dan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik dalam kitab Ta‟lim Mutta‟alim. Metode dalam penelitian ini meneliti secara mendalam tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dan relevansinya untuk peserta didik dalam mencari ilmu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan objek material kajian pustaka dan sumber primer dari kitab Ta‟lim Mutta‟alim. Proses penelitian penulis menganalisis menggunakan pendekatan studi pustaka dengan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta‟lim Mutta‟alim mengandung nilai pendidikan akhlak yang relevansinya dapat berorientasi dalam pembentukan akhlak. Kitab Ta‟lim Mutta‟alim memberikan tuntunan penuh dan cara-cara yang seharusnya dilakukan peserta didik dalam mencari ilmu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163333 YOPY SAFRIZAL KUSUMA PUTRA
Date Deposited: 08 Dec 2021 06:53
Last Modified: 08 Dec 2021 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23467

Actions (login required)

View Item View Item