Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tahun Ajaran 2010-2011

Asroji, Ahmad (2011) Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tahun Ajaran 2010-2011. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK DADI.docx

Download (15kB)
[img] Text
abstrak daftar pustaka dadi.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1 dadi bro.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II dadi bro.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB III wis dadi bro.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV V wis dadi bro.docx

Download (125kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : prestasi belajar, materi pecahan, pendekatan problem solving. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kemampuan akademik peserta didik sangat beragam, dimana prestasi belajar peserta didik yang masih rendah dan kurang memahami soal-soal yang berkaitan dengan pecahan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pendekatan pembelajaran yang berbeda dengan yang digunakan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas sebelumnya, yaitu dengan penerapan pendekatan problem solving. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana penerapan pembelajaran dengan pendekatan problem solving pada materi pecahan di kelas IV SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut? Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan pendekatan problem solving pada materi pecahan di kelas IV SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut? Penelitian ini menggunakan pendekatan problem solving, wawancara, tes, catatan lapangan, observasi dan angket. Dimana observasi dan catatan lapangan digunakan untuk mengamati proses pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik setelah mengalami proses belajar mengajar dengan problem solving. Wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan problem solving, serta untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Setelah peneliti melakukan 2 siklus dalam penelitian tindakan kelas dan memperoleh data-data yang diperlukan dari fakta-fakta yang ada, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: a). Pembelajaran pada materi pecahan penerapan problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah guru menjelaskan materi dengan langkah-langkah penyelesaian soal/masalah dengan problem solving, yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan penyelesaian, dan (4) memeriksa kembali jawaban terhadap materi pecahan. b). Prestasi belajar peserta didik pada materi pecahan dalam bentuk soal problem solving menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari respon peserta didik terhadap penerapan problem solving, yaitu peserta didik menjadi lebih senang diterapkannya pendekatan pembelajaran yang berbeda dari biasanya. Disamping itu juga dapat dilihat dari hasil observasi yang mencapai taraf 92,7% dan nilai rata-rata peserta didik 93,21%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 23 Sep 2015 03:55
Last Modified: 23 Sep 2015 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item