STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR

RAVITA RAHMAYANTI, 12207173008 (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ravita Rahmayant i, NIM: 12207173008. 2021 “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik di MAN 2 Blitar”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag Kata Kunci: Kepala Madrasah, Peningkatan, Prestasi Non Akademik Penelitian ini akan membahas strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik. Disini kepala Madrasah menyediakan serta membimbing peserta didik dengan keterampilan-keterampilan yang sesuai dengan minat dan potensi peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan minat dan potensi yang ada pada peserta didik dengan maksimal yang akan bermanfaat bagi kehidupan peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) upaya kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MAN 2 Blitar. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MAN 2 Blitar. (3) Cara menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MAN 2 Blitar. Jika dilihat dari sumber datanya penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan penjelasan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara inductive dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) upaya dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MAN 2 Blitar mengadakan latihan atau persiapan untuk lomba-lomba seperti pertandingan uji coba atau latih tanding dengan sekolah lainnya. Latihan rutin yang dilakukan pada hari Jum’at, prestasi yang didapatkan oleh peserta didik dapat digunakan ke jenjang berikutnya serta mampu mengembangkan bakat dan potensi yang mereka miliki. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MAN 2 Blitar berupa sarana prasarana yang cukup baik dan motivasi peserta didik Sedangkan dari faktor penghambatnya berupa faktor alam yang tidak dapat diprediksi. (3) strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MAN 2 Blitar berupa mengidentifikasi minat dan potensi yang dimiliki peserta didik setelah teridentifikasi MAN 2 Blitar menyediakan penunjang perkembangan minat dan potensi peserta didik berupa sarana prasarana dan pelatih yang membimbing atau memotivasi peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207173008 RAVITA RAHMAYANTI
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:06
Last Modified: 15 Dec 2021 01:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23510

Actions (login required)

View Item View Item