MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN MUTU LULUSAN (Studi Multikasus Di MA Al Mawadah 2 Dan SMA Mambaus Sholihin 2 Blitar)

MOHAMAD SODIQ, 17501165009 (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN MUTU LULUSAN (Studi Multikasus Di MA Al Mawadah 2 Dan SMA Mambaus Sholihin 2 Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (499kB)

Abstract

ABSTRAK Sodiq, Mohamad. 2020.Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan MutuLulusan (Studi Multikasus di MA Al Mawadah 2 Jiwut dan SMA Mambaus Sholihin 2 Blitar), Disertasi, Program Doktor Manajemen PendidikanIslam Pascasarjana IAIN Tulungagung, Promotor (1) Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag., (2) Dr. H. Teguh, M.Ag., (3) Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen pendidikan karakter, pengembangan nilai-nilai karakter, mutu lulusan. Pendidikan bermutu dihasilkan oleh proses yang bermutu. Melalui pembentukan/pengembangan nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan menjadi pribadi yang unggul akan menghasilkan mutu lulusan yang unggul. Untuk menghasilkan mutu lulusan yang berkarakter unggul dibutuhkan manajemen, baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) konsep mutu pendidikan melalui nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MA Al Mawadah 2 Jiwut dan SMA Mambaus Sholihin 2 Blitar, (2) model perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan karakter dalam mewujudkan mutu lulusan di MA Al Mawadah 2 Jiwut dan SMA Mambaus Sholihin 2 Blitar, (3) implikasi model manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan mutu lulusan di MA Al Mawadah 2 Jiwut dan SMA Mambaus Sholihin 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan interactive model yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion. (4) Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) konsep mutu pendidikan yang berkarakter adalah: (a) mutu pendidikan berkarakter akademik excellent dan religiusawareness, (b) nilai-nilai akademik excellent, nilai kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, komunikatif, kontrol diri, dan nilai-nilai religiousawareness, nilai: religius, keikhlasan, keteladanan, mencintai kebaikan, (c) menggunakan prinsip keterpaduan moral knowing, moral feeling dan moral action melalui pendekatan keteladanan dan pendekatan sistem; (2) model perencanaan pendidikan karakter dilandasi model yang sistemik-integratif. Model pelaksanaannya menggunakan habitualisasi (pembiasaan), personifikasi, model keteladanan perilaku seseorang (role model), pengintegrasian kegiatan dan program ekstrakurikuler, intra dan ko-kurikuler dan pembentukan lingkungan (bi‟ah) yang kondusif. Model pengawasan menggunakan manajemen kontrol internal melalui tata tertib dan buku attitude, daneksternal; (3) implikasinya bagi kebijakan sekolah/madrasah berupa kurikulum berbasis karakter, perangkat pengaturan proses pembiasaan dan target yang dicapai; sistem manajemen pendidikan karakter yang sistemik integratif; mutu lulusan yang berkarakter akademik excellent dan religius awareness; memiliki kesadaran mewujudkan nilai-nilai karakter mutu: iman dan takwa, mencintai ilmu pengetahuan, beramal saleh, percaya diri, berbudi pekerti yang luhur, dan berkontribusi bagi masyarakat, sesuai harapan, kepuasan, kebanggaan, dan kepercayaan masyarakat. Temuan penelitian ini adalah MA Al Mawadah 2 Jiwut berkaratreristik lebih pembentukan karakter pemimpin sedangkan SMA Mambaus Sholihin 2 lebih menonjolkan karakter ulama’.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501165009 MOHAMAD SODIQ
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:07
Last Modified: 13 Dec 2021 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23519

Actions (login required)

View Item View Item