METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN :Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development

Agus Zaenul Fitri, 198108012009121004 and NIK HARYANTI, 17501165012 (2020) METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN :Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development. Madani Media, Malang. ISBN 978-602-0899-80-0

[img] Text
METODOLOGI PENELITIAN FIX.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan suatu prosedur yang didasarkan atas filsafat ilmu dan paradigma tertentu sehingga memunculkan berbagai macam metode. Metode merupakan suatu cara yang dipilih oleh peneliti sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Metode kuantitatif, kualitatif, mixed method , dan research and development , masing-masing memiliki landasan filosofis, paradigma, dan prosedur tertentu dalam menjawab suatu masalah penelitian. Penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang sangat penting dalam pengembangan ilmu dan pemecahan suatu masalah. Penelitian menjadi alat bagi peneliti untuk menggambarkan, menguji, mengungkap, dan menjelaskan apa yang ada di balik fenomena dan fakta yang terjadi sehingga terungkap suatu kebenaran yang sesungguhnya, agar dapat dihasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian juga sangat berguna untuk pemecahan suatu masalah dan pengembangan suatu konsep dan teori bagi perkembangan pengetahuan dan keilmuwan. Penelitian, bagi sebagian orang, dianggap sebagai tugas akhir yaitu penulisan karya ilmiah berupa skripsi, tesis, maupun disertasi yang menakutkan karena sulit dan rumit untuk dikerjakan. Diawali dari pencarian dan penentuan tema yang tepat, perencanaan struktur isi, penentuan metode, teknik penelitian sampai pada tata cara penyusunan hipotesa dan penarikan kesimpulan; bagi para peneliti pemula mengerjakan tugas akhir penelitian seolah menjadi beban psikologis yang berat. Gejala seperti itu sebenarnya tidak hanya terjadi pada peneliti pemula, namun para peneliti advance (ahli/mahir) pun juga turut merasakannya. Hanya saja, para ahli sudah terbiasa melakukan sehingga tidak banyak mengalami kesulitan. Walaupun demikian, kegiatan penelitian tetap saja butuh buku pegangan dan pedoman dasar sebagai referensi. Buku yang berguna sebagai acuan bagi akademisi, mahasiswa, maupun pendidik sekaligus pemandu struktural penelitian riil di lapangan. Buku yang bukan hanya menjadi acuan dan pedoman semata, namun juga memberi inspirasi ide-ide khusus serta deskripsi detail tentang proses penelitian yang akan dilakukan: mulai dari memilih masalah, studi pendahuluan, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, memilih metode dan pendekatan, menentukan var iabe l, menyu sun inst rumen, mengumpulkan data, analisis data, menguji keabsahan data, penarikan kesimpulan dan menyusun laporan. Cara pandang buku ini dikhususkan pada bidang penelitian pendidikan dan menjelaskan tentang paradigma, proses-tahapan penelitian dari kuantitatif, kualitatif, mixed method, dan Research and Development (R&D). Dengan selesainya ini, diharapkan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh para peneliti khususnya bagi mahasiswa dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian. Penulis mengharapkan hadirnya buku ini bisa membantu para mahasiswa. Penulis yakin bahwa buku ini dapat memberi panduan dalam penulisan karya tulis ilmiah yang memerlukan pemikiran, kesungguhan, dan jerih payah.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Penelitian Dosen
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr - Agus Zaenul Fitri
Date Deposited: 28 Mar 2022 07:06
Last Modified: 28 Mar 2022 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23533

Actions (login required)

View Item View Item