Pengaruh Kemampuan Spasial berdasarkan Gender terhadap Hasil Belajar pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X di MAN Rejotangan Tahun Ajaran 2013/201

Muniri, Muniri (2014) Pengaruh Kemampuan Spasial berdasarkan Gender terhadap Hasil Belajar pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X di MAN Rejotangan Tahun Ajaran 2013/201. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bab 1 - 5 dan daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian_Awal_Skripsikuu.pdf

Download (970kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Gender, Hasil Belajar. Dalam memperoleh hasil belajar yang baik dan maksimal, perlu adanya pemahaman mengenai kemampuan-kemampuan siswa. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan kemampuan yang dimiliki setiap siswa. Ada beberapa kemampuan yang dimaksud, salah satunya yaitu kemampuan spasial. Para ahli mengemukakan bahwa ada perbedaan antara kemampuan spasial jika dilihat dari perbedaan gender, yaitu kemampuan spasial yang dimiliki laki-laki lebih baik daripada perempuan. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengetahui pengaruh kemampuan spasial berdasarkan gender terhadap hasil belajar materi dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan spasial apabila ditinjau dari perbedaan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap hasil belajar pada materi dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan tehnik purposive sampling, dengan variabel bebasnya yaitu kemampuan spasial kelompok laki-laki dan kemampuan spasial kelompok perempuan; serta variabel dependennya yaitu hasil belajar pada materi dimensi tiga. Dalam penelitian ini mengambil sampel dari kelas X yang berjumlah 65 siswa, dengan 25 siswa laki-laki dan 40 siswa perempuan yang berasal dari dua kelas. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi sederhana, sedangkan metode pengumpulannya menggunakan metode angket dan metode dokumenter. Instrumen kemampuan spasial yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan dengan meminta validitas dari empat ahli. Kemudian penulis mengadakan penelitian di MAN Rejotangan. Data instrumen tersebut dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Data-data tersebut telah memenuhi uji prasyarat, yaitu uji normalitas, linieritas dan homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh nilai korelasi kemampuan spasial dan hasil belajar pada kelompok laki-laki ( ) sebesar 0,947; pada kelompok perempuan ( ) sebesar 0,918; dan pada sampel ( ) sebesar 0,917. Jika ketiga koefisien korelasi tersebut dibandingkan, maka diperoleh dan . Kemudian dalam pedoman interpretasi tingkat hubungan koefisien korelasi, berada pada interval yang sama yaitu pada tingkat hubungan yang sangat kuat. xiv Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan spasial berdasarkan gender terhadap hasil belajar pada materi dimensi tiga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 01:50
Last Modified: 02 Dec 2014 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item