AYU PUTRI NURJANAH, 12210173093 (2021) PENGGUNAAN MEDIA WEBTOON DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII MTs Al – MUSLIHUUN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (901kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Webtoon dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII MTs Al-Muslihun Blitar” ditulis oleh Ayu Putri Nurjanah, NIM 12210173093, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing: Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci : Media, Webtoon, pembelajaran, naskah drama Pembelajaran keterampilan menulis merupakan salah satu pembelajaran bahasa Indonesia yang memerlukan perhatian penuh. Sering kali pembelajaran keterampilan menulis dikemas dalam bentuk ceramah dan teori tanpa melakukan praktik menulis. Kurangnya kebiasaan siswa dalam menulis menyebabkan mereka kesulitan dalam menuangkan gagasan tertulis. Selain itu, perangkat pembelajaran juga diperlukan untuk menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran. Salah satunya dengan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Melihat fenomena tersebut, dapat diketahui bahwa pembelajaran menulis di sekolah sangat diperlukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengkaji pengguanaa media Webtoon dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTs Al-Muslihun Blitar. Konteks penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran menulis naskah drama. Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII MTs Al-Muslihun Blitar tergolong kurang. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII A yang terdiri dari 30 siswa. Objek dalam penelitian ini, adalah penggunaan media Webtoon dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII A MTs Al-Muslihun. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian ini, yaitu teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa menulis naskah drama oleh siswa. Teknik nontes terdiri atas angket, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkah bahwa pembelajaran teks drama dengan menggunakan media Webtoon dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa yang cukup berarti. Peningkatan proses tampak pada keaktifan, antusias dan semangat siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian berdasarkan produk, dilihat dari nilai rata-rata menulis siswa pada setiap tindakan. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada pratindakan diperoleh nilai 61,06. Nilai siswa mengalami peningkatan pada tindakan siklus I mencapai 77. Nilai rata-rata siswa pada tindakan siklus II kembali mengalami peningkatan nilai rata-rata mencapai 82,53. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A MTs Al-Muslihun Blitar telah mengalami peningkatan yang berarti, baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan media pembelajaran Webtoon.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi Bahasa Dan Sastra > Naskah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ayu putri |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 00:58 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 00:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23729 |
Actions (login required)
View Item |