PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TPQ ASY SYAFI’IYYAH PRAMBON NGANJUK

ERVIN LAILATUL FITRIA, 12206173021 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TPQ ASY SYAFI’IYYAH PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-nilai Keislaman dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di TPQ Asy Syafi’iyyah Prambon Nganjuk” ini ditulis ole Ervin Lailatul Fitria, NIM 12206173021, Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci : Penanaman, Nilai-nilai Keislaman, Nilai Agama dan Moral Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan nilai agama dan moral serta penanaman nilai-nilai keislaman pada anak sebagai upaya memfilter diri dari berbagai perilaku buruk. Untuk itu, pendidik hendaknya memiliki metode dalam proses pembelajaran serta penanamannya. Metode yang tepat akan berpengaruh terhadap Nilai Agama dan Moral anak. Pendidikan Nilai Agama dan Moral pada program PAUD merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaannya. Jika hal itu tertanam dengan baik sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak selanjutnya. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana metode membaca al-qur’an dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di TPQ Asy Syafi’iyyah Prambon Nganjuk? (2) bagaimana metode hafalan surah pendek dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di TPQ Asy Syafi’iyyah Prambon Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) metode yang digunakan dalam kegiatan membaca al-Qur’an adalah metode tilawati menggunakan irama rost yang dilaksanakan setiap hari kecuali hari jum’at. Kegiatan pembelajaran diawali dengan do’a pembuka kemudian guru menggunakan peraga kartu, peraga kalender, anak setor membaca jilid dan mengerjakan buku kitabaty, penilaian, tikrar, do’a penutup. Kegiatan ini memberikan dampak terhadap aspek Nilai agama dan moral yaitu: anak mengetahui agama yang dianutnya, mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku baik/sopan dan buruk, membiasakan berperilaku baik, serta mengucapkan salam dan membalas salam (2) metode yang digunakan dalam kegiatan menghafal surah pendek adalah metode tikrar yang dilaksanakan setiap hari kecuali hari jum’at setelah anak setor membaca jilid dengan cara guru membacakan ayat terlebih dahulu kemudian diikuti anak kemudian diulang bersama-sama. Surat yang dihafalkan yaitu surat an-nas, al-falaq, dan al-lahab. Setoran dilaksanakan setiap hari minggu. Kegiatan ini memberikan dampak terhadap aspek nilai agama dan moral yaitu anak mengetahui agama yang dianutnya, mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, mengenal perilaku baik/sopan dan buruk, membiasakan berperilaku baik, serta mengucapkan salam dan membalas salam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S1 12206173021 ERVINA LAILATUL FITRIA
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:48
Last Modified: 29 Dec 2021 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23734

Actions (login required)

View Item View Item