ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

LAILATUL MUSOFINGAH, 12204173024 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (404kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Lailatul Musofingah, NIM 12204173024, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan. Bahwa sebagian besar siswa di sekolah mengalami kesulitan ketika menemui soal pemecahan masalah matematika. Kesulitan yang dihadapi siswa sangat beragam, dan memiliki cara untuk memahami masalah yang berbeda-beda sesuai dengan gaya belajar masing- masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya belajar visual pada materi SPLDV, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya belajar auditori pada materi SPLDV, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTs Darul Falah kota Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, tes dan wawancara. Hasil tes dianalisis menggunakan langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah menurut Polya yaitu:1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, dan 4) mengecek kembali. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh: 1) Siswa dengan gaya belajar visual dapat memahami masalah dengan baik. Pada tahap merencanakan penyelesaian masalah dapat merencanakan penyelesaian masalah dengan cukup baik. Selanjutnya pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa dapat melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan cukup baik. Dan pada tahap memeriksa kembali jawaban, siswa dengan gaya belajar visual memeriksa kembali jawaban. 2) Siswa dengan gaya belajar auditori dapat memahami masalah dengan baik. Namun pada tahap merencanakan penyelesaian masalah dapat merencanakan penyelesaian masalah dengan kurang baik. Sehingga pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa dengan gaya belajar auditori merencanakan penyelesaian masalah dengan kurang baik. Dan pada tahap memeriksa kembali jawaban, siswa dengan gaya belajar auditori tidak melakukannya. 3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memahami masalah dengan baik. Pada tahap merencanakan penyelesaian masalah siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat merencanakan penyelesaian masalah dengan cukup baik. Selanjutnya pada tahap melaksanakan penyelesaian masalah siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan cukup baik. Dan pada tahap memeriksa kembali jawaban siswa dengan gaya belajar visual memeriksa kembali jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173024 Lailatul Musofingah
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:10
Last Modified: 27 Dec 2021 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23741

Actions (login required)

View Item View Item