STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INTEGRATIF-TRANSFORMATIF: Studi Multisitus di SMP Khairunnas Tuban, dan SMP Al Hikmah Surabaya

M. YUSUF AMINUDDIN, 17502165008 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN INTEGRATIF-TRANSFORMATIF: Studi Multisitus di SMP Khairunnas Tuban, dan SMP Al Hikmah Surabaya. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (441kB)

Abstract

ABSTRAK M. Yusuf Aminuddin. 2020. Strategi Pengembangan Pendidikan Integratif- Transformatif (Studi Multisitus di SMP Khairunnas Tuban dan SMP Al Hikmah Surabaya). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Promotor: (1) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M. Ag, (2) Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Pendidikan Integratif Transformatif Penelitian disertasi ini berawal dari sebuah fenomena besar dalam pendidikan yaitu merosotnya nilai-nilai moral generasi bangsa. Pendidikan idealnya memiliki pengaruh besar pada peningkatan mutu SDM, bukan mengalami pergeseran nilai-nilai pragmatisme, materealisme, hedonisme, dan sekularisme. Perubahan ini membutuhkan strategi pengembangan pendidikan yang integratif-transformatif. Pendekatan strategi pengembangan ini merupakan solusi bergesernya nilai pendidikan, dengan integrasi nilai pesantren dan entrepreneur akan menjadi benteng kuat dalam penanaman nilai karakter, keterampilan, jiwa mandiri peserta didik yang terpadu dan kompeten. Pertanyaan penelitian ini yaitu: (1) bagaimana strategi pengembangan kurikulum integratif-transformatif? (2) bagaimana strategi pengembangan SDM integratif-transformatif? (3) bagaimana strategi pengembangan sarana prasarana integratif-transformatif? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan rancangan studi multisitus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi lintas situs. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, diskusi teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Strategi pengembangan kurikulum integratif-transformatif yang dilakukan di SMP Khairunnas Tuban dengan cara mengintregasikan kurikulum sekolah ke dalam kurikulum pesantren. Sedangkan strategi pengembangan kurikulum integratif-transformatif yang dilakukan di SMP Al Hikmah Surabaya adalah dengan cara mengintegrasikan kurikulum pesantren ke dalam kurikulum sekolah. Maka pengembangan kurikulum ini akan menghasilkan model pengembangan pendidikan integratif-transformatif pesantren dan sekolah dengan output yang berkompeten. (2) Strategi pengembangan SDM integratiftransformatif yang dilakukan dengan cara; (a) Pesantrenisasi SDM sekolah, yaitu mempersiapkan input SDM dari pesantren untuk mengajar di sekolah. Sehingga, guru yang dari pesantren, tidak hanya mengetahui tentang ilmu agama, akan tetapi juga mengetahui ilmu umum; (b) Sekolahisasi SDM pesantren, yaitu mempersiapkan input SDM dari sekolah untuk mengajar di pesantren. Sehingga, guru harus memenuhi kategori SDM di pesantren, diantaranya guru harus bisa membaca kitab kuning, membaca Al-Quran dengan lancar dan tartil, menguasai ilmu nahwu/shorof, dan nilai-nilai moral pesantren. (3) Strategi pengembangan sarana prasarana integratif-transformatif dilakukan dengan cara mewujudkan (a) laboratorium pendidikan integratif; (b) laboratorium kegamaan integratif; (c) laboratorium bahasa dan (4) laboratorium bi’ah lughowiyah (lingkungan berbahasa) yang integratif. Sehingga dapat menghasilkan standar sekolah yang berkualitas dan dapat menunjang efektifitas pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Implikasi dalam penelitian ini "Kurikulum Integratif Berbasis Pesantren” dengan pola di atas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17502165008 M. YUSUF AMINUDDIN
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:24
Last Modified: 10 Jan 2022 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23745

Actions (login required)

View Item View Item