PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA DENGAN KEMAMPUAN EMPATI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM HASANUL AMIN KENDALREJO TALUN BLITAR

ROSITA SAMSIN MARWAH, 12205173141 (2021) PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA DENGAN KEMAMPUAN EMPATI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM HASANUL AMIN KENDALREJO TALUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (658kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Perilaku Prososial dengan Kemampuan Empati Sebagai Variabel Intervening pada Siswa Sekolah Dasar Islam Hasanul Amin” ini ditulis oleh Rosita Samsin Marwah, NIM 12205173141, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Perilaku Prososial, dan Kemampuan Empati Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran orang tua yang begitu penting dalam prosses tumbuh dan perkembangan anak. Dalam proses bersosialisasi perilaku prososial sering muncul dan perilaku tersebut dimiliki siswa lantaran adanya peran orang tua dalam mendidik menjaga, merawat dan mendampingi tumbuh kembang anaknya, begitupun dengan adanya kemampuan empati pada diri seseorang juga dapat mendorong perilaku prososial itu sendiri. Semenjak awal tahun 2020 terdapat penyebaran virus covid 19 sehingga mengakibatkan tidak adanya sosialisasi langsung antara siswa, teman, guru maupunlingkungan sekitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh peran orang tua terhadap perilaku prososial siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Hasanul Amin Kendalrejo Talun Blitar?, 2) Adakah pengaruh kemampuan empati siswa terhadap perilaku prososial siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Hasanul Amin Kendalrejo Talun Blitar?, 3) Adakah kemampuan empati menjadi mediasi pada pengaruh peran orang tua terhadap perilaku prososial siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Hasanul Amin Kendalrejo Talun Blitar?. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan jenis Asosiatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian expost facto. Metode pengumpulan data ini menggunakan Angket, dokumentasi dan wawancara. Penggunaan angket untuk memudahkan bagi responden dalam memberikan jawaban, karena alternatif jawaban telah tersedia sehingga menjawabnya cukup memerlukan waktu yang singkat. Dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh berbagai informasi pendukung penelitian ini adapun informasi tersebut antara lain profil madrasah, maupun data lainnya. Wawancara ini di gunakan dengan tujuan untuk mendapatkan data dari kepala sekolah dan guru kelas untuk memperkuat kevalitan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh variabel peran orang tua (X) terhadap variabel perilaku prososial Siswa (Z) sebesar49,70 %. 2) Terdapat pengaruh variabel kemampuan empati(Y) terhadap perilaku prososial siswa (Z) sebesar 30,40%. 3) Terdapat pengaruh tidak langsung variabel peran orang tua (X) terhadap perilaku prososial siswa (Z) melalui kemampuan empati (Y) adalah sebesar 10,90%. Pengaruh tersebut lebih kecil dari pengaruh langsung yang besarnya adalah 49,70%. Sehingga dapat di simpulkan bahwa Variabel kemampuan empati tidak memediasi secara signifikan dalam pengaruh peran orang tua terhadap perilaku prososial siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Hasanul Amin Kendalrejo Talun Blitar. The thesis entitled "The Effect of Parents' Roles on Prosocial Behavior with Empathy Ability as an Intervening Variable in Students of Islamic Elementary School Hasanul Amin " was written by Rosita Samsin Marwah, Registered Student Number 12205173141, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, State Islamic University of Tulungagung, Supervisor: Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Keywords: Role of Parents, Prosocial Behavior, and Empathy Ability This research was based on the importance of parents’ role in the process of children’s growth and development. Prosocial behavior often appears in a socialization process and this behavior is possessed by students because of the role of parents in educating, maintaining, caring for and assisting the growth and development of the children, the ability to empathize can also encourage prosocial behavior itself. Since early 2020 there was covid 19 spread so it cause the sosialization between students, peers, teachers and surrounding environment become ceased. This research focused on: 1) How is the effect of parents’ role on the prosocial behavior of fifth grade students of Islamic Elementary School Hasanul Amin Kendalrejo Talun Blitar? 2) How is the effect of empathy ability on prosocial behavior of fifth grade students of Islamic Elementary School Hasanul Amin KendalrejoTalun Blitar?, 3) Is the empathy ability become a mediation on the parents’ role and the prosocial behavior of fifth grade students of Islamic Elementary School Hasanul Amin Kendalrejo Talun Blitar? This research used quantitative approach, with the associative type. The type of research used was ex-post facto research. This data collection method used questionnaires, documentation and interviews. The use of questionnaires makes it easier for respondents to provide answers, because alternative answers are available so it could be faster. Documentation is used by researchers to obtain various supporting information for this research, the information includes school profiles, as well as other data. The interview was used to obtain data from school principals and teachers to strengthen the validity of this research. The results showed that: 1) There is an effect of parents’ role variable (X) to students’ prosocial behavior variable (Z) in amount of 49,70%. 2) There is an effect of empathy ability variable (Y) to students’ prosocial behavior variable (Z) in amount of 30,40%. 3) There is an indirect influence of the parents’ role variable (X) to students prosocial behavior (Z) through empathy ability (Y) in amount of 10,90%. The effect is smaller than the direct effect which is 49.70%. So it can be concluded that the empathy ability variable does not mediate significantly in the influence of the role of parents on the prosocial behavior of fifth grade students at Hasanul Amin Islamic Elementary School Kendalrejo Talun Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Peradilan Islam > Orang Tua
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173141 ROSITA SAMSIN MARWAH
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:19
Last Modified: 29 Dec 2021 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23790

Actions (login required)

View Item View Item