FENOMENA PENGGUNAAN BAHASA GAUL SISWA MTs KHOZAINUL ULUM BOJOASRI LAMONGAN SELAMA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

NAILA SAFITRI, 12210173023 (2021) FENOMENA PENGGUNAAN BAHASA GAUL SISWA MTs KHOZAINUL ULUM BOJOASRI LAMONGAN SELAMA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Fenomena Penggunaan Bahasa Gaul Siswa MTs Khozainul Ulum Bojoasri Lamongan selama Pembelajaran Bahasa Indonesia” ini ditulis oleh Naila Safitri, NIM. 12210173023, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, dibimbing oleh Ibu Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: Bahasa Gaul, siswa, Bahasa Indonesia Dalam kesehariannya, siswa dituntut untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar, terutama pada saat pembelajaran berlangsung di kelas. Siswa diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia. Namun faktanya, masih banyak siswa di kalangan MTs/SMP atau MA/SMA/SMK yang menggunakan bahasa lain pada saat berkomunikasi, baik dengan teman sejawat atau dengan guru. Salah satu contoh bahasa yang digunakan siswa adalah bahasa gaul. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan fenomena penggunaan bahasa gaul siswa MTs Khozainul Ulum Bojoasri Lamongan selama pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk lisan, dan (2) mendeskripsikan fenomena penggunaan bahasa gaul siswa MTs Khozainul Ulum Bojoasri Lamongan selama pembelajaran bahasa Indonesia dalam bentuk tulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu percakapan/dialog dan tulisan siswa selama belajar bahasa Indonesia. Data penelitian ini berupa data kualitatif dalam bentuk percakapan dan kata/kalimat yang diperoleh dari percakapan dan tulisan siswa MTs dan data itu teridentifikasi mengandung bahasa gaul. Teknik pengumpulan data meliputi observasi (teknik baca, simak, dan catat), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan lima tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan bahasa gaul siswa selama pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan sebanyak 29 data dalam bentuk lisan, meliputi 4 data penambahanan fonem, 5 data penghilangan fonem, 11 data pemendekan (abreviasi), 3 data kosakata khas, 1 data metasis, 1 data adaptasi, 3 data hiperkorek, dan 1 data kombinasi bahasa Indonesia dengan bahasa asing. (2) penggunaan bahasa gaul siswa selama pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan sebanyak 11 data dalam bentuk tulis, meliputi 1 data penambahanan fonem, 4 data penghilangan fonem, 1 data kosakata khas, 2 data hiperkorek, 2 data penggantian huruf dan 1 data kombinasi bahasa Indonesia dengan bahasa asing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173023 NAILA SAFITRI
Date Deposited: 29 Dec 2021 08:28
Last Modified: 29 Dec 2021 08:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23797

Actions (login required)

View Item View Item