PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK KVISOFT PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI MTS GUPPI BENDUNGAN TRENGGALEK

DITA NITAMI AINAYYAH, 12204173142 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK KVISOFT PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI MTS GUPPI BENDUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (255kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Kvisoft pada Materi Lingkaran Kelas VIII di MTs GUPPI Bendungan Trenggalek” ditulis oleh Dita Nitami Ainayyah, NIM 12204173142, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Flipbook Kvisoft, Lingkaran Pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi mempengaruhi banyak aspek, salah satunya dalam dunia pendidikan. Dengan pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan dapat meningkatkan minat belajar siswa karena memiliki tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti proses pelajaran. Untuk itu peneliti membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berbasis flipbook kvisoft karena media ini dapat menggabungkan beberapa unsur yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, video yang diharapkan materi dapat tersampaikan secara konkret dan siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook kvisoft pada materi lingkaran kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Jenis penetitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Borg and Gall melalui 6 langkah yaitu meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji validitas ahli, revisi desain dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs GUPPI Bendungan yang berjumlah 16 orang. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media serta kelayakan bahasa dan isi, angket respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan presentase sebesar 90% dan validator bahasa dan kelayakan isi 90,33% dengan masing-masing kategori “sangat valid”. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan analisis respon siswa diperoleh presentase sebesar 84,25% sedangkan respon guru 80,7% secara keseluruhan tergolong dalam kriteria sangat praktis. (3) Keefektifan media pembelajaran berdasarkan hasil ketuntasan siswa setelah menggunakan media pembelajaran diperoleh presentasi sebesar 87,5%. Terdapat taraf signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis flipbook kvisoft terhadap hasil belajar dengan perolehan taraf sig. 0,006 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173142 DITA NITAMI AINAYYAH
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:47
Last Modified: 31 Dec 2021 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23800

Actions (login required)

View Item View Item