PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII DI MTSN 11 NGAWI

TRIANA AZIZAH, 12204173188 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII DI MTSN 11 NGAWI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Online untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Materi Segiempat dan Segitiga Kelas VII di MTsN 11 Ngawi” ini ditulis oleh Triana Azizah, NIM. 12204173188, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. NIP.197704122009122001. Kata Kunci: Modul Pembelajaran Matematika Online, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Segiempat dan Segitiga Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemanfaatan penggunaan media pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Selain itu, siswa cenderung kurang aktif pada proses pembelajaran karena media pembelajaran kurang menarik serta tidak melibatkan siswa secara aktif terutama pada pembelajaran daring yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 saat ini. Seperti yang kita ketahui, saat ini kecanggihan tekhnologi online yg semakin pesat sehingga perlu adanya penyesuai guru dalam proses pembelajaran untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan memanfaatkan perkembangan tekhnologi yang ada. Maka dari itu, peneliti berusaha membuat suatu inovasi melalui modul dengan konsep yang mudah dipahami agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran daring menjadi lebih interaktif dan kondusif. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) untuk mendeskripsikan Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Online untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Materi Segiempat dan Segitiga yang valid di Kelas VII MTsN 11 Ngawi. 2) untuk mendeskripsikan Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Online untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Materi Segiempat dan Segitiga yang efektif di Kelas VII MTsN 11 Ngawi. 3) untuk mendeskripsikan Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Online untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Materi Segiempat dan Segitiga yang praktis di Kelas VII MTsN 11 Ngawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model penelitian dan pengembangan ADDIE, adapun tahapan model ADDIE adalah 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan) dan 4) Evaluation (Evaluasi). Proses penelitian dilakukan di MTsN 11 Ngawi dengan subjek penelitian 5 siswa kelas VIIA sebagai skala kecil dan 19 siswa VIIA sebagai skala besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, angket respon siswa, angket respon guru, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, wawancara dan test. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: 1) hasil dari analisis kevalidan dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 90,75%. Hasil validasi ahli media sebesar 91,53%. Hasil validasi ahli bahasa sebesar 88,75%. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika online untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis pada materi segitiga dan segiempat telah valid sesuai dengan kriteria kevalidan. 2) Hasil dari analisis keefektifan dapat diketahui bahwa hasil ketuntasan klasikal uji kelompok kecil sebesar 80% dan hasil ketuntasan klasikal uji kelompok besar sebesar 84,21%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika online untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis pada materi segitiga dan segiempat telah efektif sesuai dengan kriteria keefektifan. 3) Hasil dari analisis kepraktisan data diketahui bahwa hasil angket respon guru sebesar 82,40%, hasil observasi guru sebesar 91,66%, hasil observasi siswa sebesar 81,81% dan hasil angket respon siswa sebesar 82,70%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimulkan bahwa modul pembelajaran matematika online untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis pada materi segitiga dan segiempat telah praktis sesuai dengan kriteria kepraktisan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Non Muslim
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173188 triana azizah
Date Deposited: 29 Dec 2021 08:52
Last Modified: 29 Dec 2021 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23801

Actions (login required)

View Item View Item